• Minggu, 05 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan studi tiru ke Kota Batu Malang pada Rabu (24/4/24), yang dipimpin oleh Kepala Bidang Sarana dan Pelaku Distribusi, Anwari Fitrah.

Studi ini bertujuan untuk mempelajari kesuksesan dalam merelokasi para pedagang ke pasar Among Tani.

Anwari menjelaskan bahwa tujuan studi ini adalah untuk mengetahui cara efektif memindahkan pedagang dari pasar sementara ke pasar yang baru tanpa menimbulkan gejolak atau konflik.

"Kami tertarik untuk mencontoh Kota Batu Malang yang berhasil merelokasi sekitar 3000 pedagang tanpa masalah, sementara di Tenggarong hanya terdapat sekitar 700 pedagang." kata Anwari Kamis (25/4/24).

Dan studi ini diharapkan dapat membantu Disperindag dalam memberikan dukungan kepada pedagang agar proses relokasi berjalan lancar tanpa kendala.

Sementara Ketua Forum Pasar Among Tani Kota Batu Malang, Agus, menyambut baik kedatangan Disperindag Kukar dan berbagi pengalaman tentang pendekatan yang efektif kepada pedagang.

Mereka menekankan pentingnya komunikasi intensif dengan pedagang dan memberikan pemahaman bahwa pasar sementara tidak harus ramai untuk bertahan. Semua pihak, termasuk pedagang, berperan dalam kesuksesan relokasi tersebut.

"Harapannya, studi ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi Kukar dalam merencanakan relokasi pedagang di masa depan." tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top