• Jum'at, 26 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kakao

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bentuk dukungan program pengembangan kakao di Desa Lung Anai, Kecamatan Loa Kulu, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) melalui Dinas Perkebunan (Disbun) memberikan bantuan alat pengolahan biji kakao dan alat sangrai. Pengembangan kakao ini juga mendapat dorongan dari PT Multi Harapan Utama (MHU) dan Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta).

Diketahui Desa Lung Anai saat ini tengah mengembangkan komoditas perkebunan yakni kakao. Buah dengan banyak khasiat ini biasa dikembangkan produk turunannya mulai dari permen hingga minuman bubuk.

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kukar, Muhammad Taufik melalui Kabid Produksi, Subagio, mengungkapkan rencana pengembangan coklat khas Lung Anai ini akan terus didorong hingga menjadi produk unggulan asal Lung Anai. Hal ini terbukti dengan bantuan-bantuan yang diserahkan.

"Belum lama ini kita telah bantu proses pengembangan dengan bantuan bibit, pupuk maupun pestisida. Alhamdulillah pihak PT. MHU membuat semacam produk unggulan untuk kakao ini. Tetapi belum ditetapkan antara permen coklat atau coklat bubuk, kami serahkan ke mereka," ujar Subagio,

Selanjutnya, Disbun Kukar juga alan berikan bantuan dua unit alat pengolah dan dua unit bak fermentasi. Dalam pengembangan kakao ini, Pemkab Kukar akab menjadikan Desa Lung Anai sebagai lokusnya. Meski di Desa Jonggon Jaya dan Sungai Payang juga mengembangkan kakao.

"Untuk itu, kami arahkan agar memusatkan rumah produksinya di Lung Anai. Kita memanfaatkan bangunan bekas sekretariat forum untuk rumah produksi kakao. Dan bantuan dari PT. MHU berupa bak fermentasi dan bantuan pengering yang menggunakan UV," sebutnya.

Dikatakan Subagio, bahwa pengembangan kakao yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Lung Anai dengan dibantu akademis dan dunia perusahaan. Diharapkan potensi pasar dapat terbangun setelah kakao ini dikembangkan menjadi sebuah produk. Dan menjadi produk unggulan Desa Lung Anai, dan Kukar.

"Nantinya PT MHU akan membantu sampai pemasarannya. Kita harapkan kolaborasi ini nanti akan menghasilkan produk unggulan desa. Karena setiap desa di Kukar ini punya produk unggulan,"pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top