• Jum'at, 26 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Edi Damansyah Bupati Kukar saat menyerahkan bansos ke warga secara simbolis

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), serta Bansos Kukar Idaman kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), di Kantor Pos Tenggarong, Kamis (18/5/23).

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan Pemkab Kukar bekerjasama dengan Kantor Pos Kukar, Bank BRI, Bankaltimtara, pendamping PKH, Dinas Sosial (Dinsos) menyerahkan bantuan melalui program PKH dan BPNT.

"Saya minta ada perbaikan data dari Dinas Sosial, Camat, Lurah/Kades dan seluruh RT untuk terus melakukan croscek data terkait bantuan yang disalurkan. Jangan sampai ada warga kita yang kelaparan dan tidak mendapatkan bantuan. Kemudian melakukan publikasi semua penerima bantuan baik, PKH, BPNT, dan Bantuan Sosial Kukar Idaman dan Bantuan Pangan secara transparan." kata Edi Kamis (18/5/23).

Hal ini dilakukan tidak lain maksudnya adalah supaya pekerjaan ini bisa tertangani dengan baik, dan bisa terverifikasi dengan baik. Dan semoga terus dilakukan perbaikan data ini.

"Terima kasih kepada Kepala Kantor Pos Tenggarong, pimpinan BRI, dan Bank Kaltimtara, lembaga ini juga sudah menyalurkan dengan baik. Mereka hanya menyalurkan, yang ingin kita perbaiki adalah proses datanya." jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinsos Kukar Hamly mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan sebagian besar penyaluran sudah terlaksana melalui BRI, Kantor Pos, atau Dinsos. Namun secara simbolis penyerahannya dilakukan oleh Bupati.

"Berdasarkan data kami, hampir setiap kecamatan ada penyaluran bantuan, namun untuk bansos Kukar Idaman di cover semua oleh Dinsos. Untuk bantuan dari pusat ini ada wilayah yakni di 16 kecamatan, begitu BRI yang membawahi 12 kecamatan." ujarnya.

Ia menyebutkan adapun rincian bantuan ini diantaranya bantuan sosial yang bersumber dari APBN pada tahap 2 ini diantaranya penerima program PKH sejumlah 10.351 KPM disalurkan melalui PT Pos sebanyak 978 KPM dan disalurkan melalui BRI sebanyak 9373 KPM.

Sedangkan bantuan yang diterima oleh KPM PKH besarannya bervariasi, tergantung dari kategori KPM yakni untuk ibu hamil sebesar RP. 250.000/bulan, anak usia 0 S/D 6 tahun RP. 250.000/bulan, anak usia SDRP. 75.000/bulan, anak usia SMP RP. 125.000/bulan, anak usia SMA RP. 166.000/bulan, disabilitas berat RP. 200.000/bulan, dan lanjut usia 70 tahun ke atas RP. 200.000/bulan.

Selanjutnya penerima bantuan sembako sejumlah 19.441 KPM disalurkan melalui PT Pos Tenggarong sebanyak 444 KPM, yang disalurkan melalui BRI Cabang Tenggarong sebanyak 10.834 KPM, sisanya sebanyak 8.163 KPM bantuannya disalurkan oleh BRI Cabang Samarinda, Cabang Bontang dan Cabang Balikpapan serta PT. Pos Samarinda. Untuk besar bantuan adalah RP. 200.000,-/bulan

"Kami juga menyalurkan bantuan sosial yang bersumber dari APBD Kukar, melalui program Dedikasi Kukar Idaman yang disalurkan oleh Bank Kaltimtara terdiri dari bantuan tunai untuk lanjut usia sebanyak 386 orang dengan bantuan sebesar RP. 200.000,- / bulan, bantuan tunai untuk pendidikan sebanyak 203 orang dengan bantuan sebesar RP. 500.000,- / tri wulan, bantuan tunai untuk penyandang disabilitas sebanyak 42 orang dengan bantuan sebesar RP. 200.000,-/bulan, bantuan tunai untuk anak terlantar sebanyak : 13 orang dengan bantuan sebesar RP. 200.000,- / bulan."ungkapnya.

Selain bantuan tunai, Program Dedikasi Kukar Idaman juga memberikan bantuan pangan kepada lanjut usia, penyandang disabilitas, dan anak terlantar. Sampai saat ini, bantuan pangan sudah diberikan selama empat bulan kepada sejumlah 797 penerima, dan mulai hari ini akan disalurkan bantuan untuk bulan Mei dan Juni.

"Kami berharap dengan penyaluran bantuan ini sesuai intruksi dan jadwal kita dengan Badan Pusat Statistik (BPS), agar tepat sasaran dan dapat menekan angka kemiskinan di Kukar." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top