• Senin, 06 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com)Pada Rabu (24/4/24), Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mendapat kunjungan studi komparatif tentang pelaksanaan Kekraf oleh Penjabat (Pj) Bupati Belitung, Yuspin, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Belitung.

Rombongan dari Belitung disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara, Sunggono, di ruang serbaguna kantor Bupati Kukar. Turut hadir pula Asisten III Setkab Kukar Dafip Haryanto, Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik (Kesbangpol) Rinda Desianti, dan Plt Kepala Dinas Pariwisata Sugiarto.

Pj Bupati Belitung, Yuspin, mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat dari Pemerintah Kabupaten Kukar dan menyatakan bahwa kunjungannya ini merupakan suatu kehormatan.

"Kami berharap melalui pertemuan ini, akan diperoleh hasil yang baik yang dapat diterapkan di Kabupaten Belitung, khususnya dalam sektor pariwisata." ucapnya.

Sementara Sunggono, Sekda Kukar, menyambut baik kunjungan tersebut dan menyampaikan terima kasih atas pemilihan Kukar sebagai daerah referensi dalam perumusan kebijakan pembangunan ekonomi kreatif Kabupaten Belitung.

Dia menjelaskan gambaran Kabupaten Kukar, yang merupakan daerah otonom dengan luas wilayah 27.263 km2 dan terbagi atas 20 kecamatan, 193 desa, dan 44 kelurahan.

"Perekonomian Kukar masih ditopang oleh sektor pertambangan dan penggalian, namun Pemkab Kukar berusaha menuju transformasi ekonomi dari sektor tak terbarukan ke sektor terbarukan, terutama melalui pembangunan sektor pertanian dan pariwisata." ungkapnya.

Sunggono menjelaskan program Kukar Kaya Festival yang merupakan bagian dari visi Kukar Idaman untuk memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif. Program ini telah memberikan dampak positif terhadap perkembangan ekonomi kreatif dan pariwisata daerah, dengan pertumbuhan sektor pariwisata sebesar 6,6 persen dan sektor ekonomi kreatif sebesar 6,8 persen pada tahun 2023.

Pemerintah Kukar juga fokus pada penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai modal dasar dalam konsep ekonomi kreatif.

"Kami berharap pertemuan ini dapat menjadi titik awal dalam membangun komunikasi dan berbagi pengalaman antar daerah yang lebih efektif."tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top