Ramadhan, Disiplin Kerja Harus Tetap Ditingkatkan

Ramadhan, Disiplin Kerja Harus Tetap Ditingkatkan

Mukmin Faisyal
Mukmin Faisyal
Photo: ist

KutaiRaya.com - 15/06/2015 20:35 WITA
Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal menegaskan, pada pelaksanaan bulan suci Ramadan 1436 Hijriah, seleruh PNS (Pegawai Negeri Sipil) baik dilingkungan Pemprov Kaltim, maupun di kabupaten kota, disiplin kerjanya harus tetap ditingkatkan.

"Semua harus meningkatkan kinerja masing-masing dalam penyelenggaraan kepemerintahan, disiplin, integritas, dan profesionalitas harus ditegakan," kata Mukmin Faisyal dalam arahannya saat menjadi inspektur upacara, yang berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Senin (15/6).

Menurutnya, kewajiban adalah hal-hal yang harus ditaati dan dilaksanakan sementara larangan adalah hal-hal yang harus dijauhi atau dihindari, Beberapa kewajiban yang menjadi penekanan dalam mentaati jam kerja, mencapai sasaran kerja pegawai dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat.

"Bagi pegawai yang dinas luar harus ada surat tugas, jadi dengan begitu pegawai tidak se enaknya saja keluar, siapapun dia wajib ada surat tugas bila ingin melakukan perjalanan dinas,"tegasnya.

Ditambahkan, pada pelaksanaan ibadah pada bulan Suci Ramadhan, apel pagi ditiadakan, itu bukan berarti absen ditiadakan, akan tetapi absen akan tetap berjalan sebagaimana biasanya, karena keberadaan absen merupakan cermin kedisiplinan bagi pegawai negeri sipil, dalam mengembangkan tanggungjawab.

"Apel pagi boleh ditiadakan, tetapi absensi harus tetap dilaksanakan, walaupun sekedar absensi, tetapi itu sangat penting bagi PNS sebagai tanggungjawab dan disiplin kinerja yang dilakukan setiap hari kerja," ujarnya.

Mukmin menambahkan, bulan Suci Ramadan identik dengan bulan penuh berkah dan dimanfaatkan Umat Islam untuk meraih pahala berlimpah. Namun, seharusnya kegiatan ibadah selama malam Ramadan ini tetap menjunjung tinggi toleransi dan menjaga ketertiban dalam masyarakat.

"Hikmah Ramadan hendaknya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan tali silaturahim dengan sesama warga muslim,"ujarnya.

Sehingga dari kerukunan dan keakraban itu, lanjut Mukmin, akan berimbas pada kehidupan sehari-hari di bulan yang lain. Termasuk saling menghormati dan menghargai warga agama lain.

"Hikmah Ramadhan selain meningkatkan amaliah hubungan hamba dengan Allah SWT juga amaliah atau hubungan sesama manusia baik sesama muslim maupun non muslim sebagai upaya kita bersama untuk menjaga agar Kaltim ini tetap aman dan damai," papar Mukmin. (pk)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved