• Kamis, 02 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sebagai salah satu tempat wisata di Kutai Kartanegara (Kukar) dengan keindahan Danau yang begitu mempesona ditambah lagi dengan adanya fasilitas Homestay membuat Wisata Danau Semayang yang berada di Desa Semayang, Kecamatan Kenohan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Wisata Danau Semayang dengan berbagai kekayaan alamnya, mampu disulap menjadi tempat wisata andalan khususnya di Desa tersebut. Ditambah lagi saat ini dengan kehadiran Homestay semakin membuat penasaran para wisatawan untuk datang.

Namun Homestay tersebut belum bisa dibuka karena masih dalam tahap penambahan fasilitas dan perlengkapan penunjang lainnya.

Ketua Pokdarwis Dikmalestari Desa Semayang Mariatul Husna menjelaskan bahwa wisata Danau Semayang saat ini terus berbenah dengan menambah beberapa fasilitas penunjang. Salah satunya Homestay yang terdiri dari 6 bangunan yang merupakan bantuan dari Dinas Pariwisata Kaltim.

"Yang menjadi tujuan utama wisatawan adalah Homestay ini, karena wisatawan yang datang dari jauh membutuhkan tempat untuk istirahat. Banyak dari mereka bertanya kapan homestay nya dibuka, mereka sudah menantikan penginapan tersebut dibuka." ungkapnya.

Untuk itu Pokdarwis Dikmalestari berharap agar penginapan ini segera bisa dibuka untuk wisatawan, sehingga dapat meningkatkan kunjungan serta membantu perputaran ekonomi di Desa Semayang.

Husna juga mengatakan bahwa selain ada Homestay juga ada cafe untuk bersantai bagi wisatawan, disitu ada berbagai makanan dan minuman yang dijual. Sementara untuk fasilitas penunjang lainnya ada kapal wisata yang disediakan untuk para pengunjung.

"Hanya dengan tiket Rp 15.000 per orang, pengunjung bisa menikmati sensasi menyusuri Danau Semayang sembari menikmati pemandangan sekitar danau menggunakan handphone masing-masing."katanya.

Ia menyebutkan untuk jumlah pengunjung yang datang cukup banyak kurang lebih 100 orang dalam sebulan, hal ini karena mereka hanya datang untuk menikmati wahana susur danau.

"Maka dari itu, kami sangat berharap penginapan ini bisa segera dibuka, agar wisatawan bisa berlibur sembari menikmati penginapan yang telah disediakan. Dengan banyaknya pengunjung yang datang juga diharapkan membantu Dinas Pariwisata Kukar untuk mempromosikan tempat tempat wisata di Kukar." pungkasnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top