• Jum'at, 17 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) Desa Segihan, Kecamatan Sebulu, menjadi salah satu desa di Kukar yang memiliki peralatan lengkap untuk mengatasi kebakaran di wilayahnya.

Mereka dilengkapi dengan berbagai peralatan, seperti mobil truk pemadam kebakaran, perahu pemadam, dan kendaraan roda 3 untuk memasuki gang-gang sempit.

Kepala Desa Segihan, Hendra Wahyudi, menjelaskan bahwa meskipun awalnya tim relawan dibentuk dengan peralatan yang terbatas, pada tahun 2024 Redkar Desa Segihan mendapat dukungan penuh dari Dinas Kebakaran dan Penyelamatan, sehingga kini memiliki peralatan lengkap dengan 30 relawan.

"Redkar ini sebagai upaya kami dalam membantu masyarakat yang mengalami musibah baik itu kebakaran rumah maupun hutan. Dan sekarang sudah terbukti tidak ada lagi daerah rawan kebakaran, karena Redkar selalu sigap jika dibutuhkan bantuannya." ujar Hendra saat di konfirmasi Kamis (2/5/24).

Artinya Redkar Desa Segihan siap mengantisipasi kebakaran, terutama di Desa Segihan, Sebulu Modern, Sebulu Ilir, dan desa tetangga. Meskipun pernah mengalami kebakaran pada tahun 2023 yang menghanguskan sekitar 7 rumah, mereka berupaya untuk mencegah kejadian serupa terulang.

"Harapannya adalah agar mereka dapat selalu siaga dan siap menghadapi berbagai kendala atau dampak lingkungan, termasuk bencana, dengan tetap berada di tengah-tengah masyarakat." ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa keberhasilan Redkar dalam mengantisipasi kebakaran berkat dukungan pemerintah melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kukar yang telah memberikan suport dan bantuan peralatan yang lengkap. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top