• Sabtu, 27 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Wakil Ketua DPRD Kaltim bersama Bupati Kukar Edi Damansyah saat menghadiri panen Raya program Makmur Idaman di Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu)


KUKAR (KutaiRaya.com) - Panen Raya program Makmur Idaman di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara, akhir bulan Februari 2023 lalu sangat diapresiasi oleh Wakil Ketua DPRD provinsi Kaltim Muhammad Samsun.

Samsun yang saat itu juga menghadiri panen raya tersebut berharap, Desa Sumber Sari yang sejak tahun 2013 agar sampai saat ini terus komitmen untuk menolak lahannya di tambang dan fokus pada pertanian.

"Masyarakat sampai sekarang tetap bertahan dan tidak mau di tambang, saya sedih kalau ini sampai di tambang. Untuk itu pemerintah Kabupaten dan Provinsi harus bersinergi mengembangkan pertanian dalam arti luas yang sudah digalakkan Kabupaten Kukar," ujar politisi PDIP ini.

Samsun mengatakan, untuk Desa Sumber Sari Loa Kulu sendiri sekmentasi pertaniannya adalah padi. Oleh sebab itu jangan kemudian dimasukkan multikultural program penanaman yang lain.

"Untuk menjadi lumbung pangan maka harus melihat potensi daerah supaya bisa dipetakan sekmentasi pertanian yang cocok. Maka di Sumber Sari Loa Kulu jangan kemudian dimasukkan multikultural program penanaman yang lain," tuturnya.

Selain itu, Samsun menambahkan, kalau di Desa Sumber Sari untuk irigasinya kewenangan provinsi dan itu harus terus dimaksimalkan. Pasalnya karena lahan tersebut yang sangat produktif untuk pertanian, maka saya harap agar irigasi terus dijaga.

"Kami mendorong pemerintah provinsi untuk betul-betul memperhatikan irigasi di lahan-lahan pertanian kita. Boleh kita membangun infrastruktur tetapi tetap mengacu pada infrastruktur program ketahanan pangan," tutup Samsun. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top