• Sabtu, 27 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah melepas keberangkatan 167 calon jamaah haji (Calhaj) Kukar yang tergabung dalam kloter 5 menuju asrama haji Batakan Balikpapan, di Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Tenggarong, Minggu (26/6/2022) siang.

Hadir mendampingi Bupati Kukar yakni Wakil Bupati Rendi Solihin, Sekda Kukar Sunggono, Kepala Kantor Kemenag Kukar Nasrun dan Ketua Masjid Agung Sultan Sulaiman Bisyiron.

Dalam pantauan media ini, keluarga jamaah haji juga hadir mengantar dan membuat seketika suasana haru dan isak tangispun pecah saat calhaj satu persatu mulai memasuki kedalam 4 bis yang disediakan untuk diberangkatkan menuju asrama haji Balikpapan.

"Kita berskukur karena cobaan yang diberikan kepada kita pandemi Covid-19 dengan kerja keras dan kedisiplinan kita bersama alhamdulillah kondisinya saat ini cukup terkendali, kita berharap pandemi ini kedepan bisa menjadi endemi, karena dua tahun kita tidak bisa memberangkatkan calhaj untuk beribadah haji karena pandemi ini," ujar Bupati Kukar Edi Damansyah saat memberikan sambutan pelepasan calhaj Kukar.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, tentu kondisi ini memberikan pelajaran kepada kita, bahwa situasi kondisi tak terduga diluar kemampuan kita, salah satu kewajiban menunaikan ibadah haji tidak bisa dilaksanakan selama pandemi berlangsung.

"Atas nama Pemkab Kukar tak lupa kami ucapkan penghargaan dan terima kasih, kepada jajaran Kemenag Kukar dan panitia haji di Kukar, yang telah melakukan persiapan pelaksanaan keberangkatan calhaj Kukar dari tahap demi tahap bisa dilaksanakan dan dilalui dengan baik," tuturnya.

Edi Damansyah juga berpesan kepada para calhaj Kukar, untuk menjaga kesehatan selama di tanah suci, dan kita berharap saat kembali nanti semoga menjadi haji yang mabrur, dan kami juga berpesan agar para calhaj mengikuti arahan petugas haji selama di tanah suci.

Secara khusus lanjut Edi Damansyah, kami mohon kepada para calhaj Kukar agar mendoakan negara kita dan Kukar khususnya agar tetap terjaga, dijauhkan dari segala malapetaka dan musibah, sehingga aktifitas kita bisa berjalan sebagaimana yang kita inginkan.

"Dan doakan kami Edi Damansyah dan Rendi Solihin, agar bisa menjalankan amanah masyarakat Kukar dengan baik sehingga tugas yang diamanahkan kepada kami khususnya yang berkaitan bagaimana meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Kukar ini tahap demi tahap bisa kita capai dan wujudkan," harapnya.

Terpisah, Kepala Kantor Kemenag Kukar Nasrun menuturkan, total semua Calon haji kukar ada 241 orang, terbagi dua kloter yakni kloter 5 sebanyak 167 calhaj, dan sisanya masuk di kloter 7 yang akan diberangkatkan pada Rabu mendatang.

"Semua calhaj sudah melaksanakan boster semua, dan telah melakukan tes PCR semua hasilnya negatif, petugas kami dari PPIHD juga semua sudah antigen. Kemudian pembekalan seluruh calhaj telah dilakukan beberapa kegiatan seperti manasik haji, semoga kegiatan ini menjadi bekal calhaj dalam melaksanakan ibadah haji," tutupnya. (One)

Pasang Iklan
Top