• Jum'at, 26 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




(Kunjungan kerja Komisi II DPRD Kukar di Desa Muara Muntai Ulu melihat geliat UMKM ditengah pandemi)


KUKAR (KutaiRaya.com) - Rangkaian kunjungan kerja Komisi II DPRD Kukar bersama Wakil Ketua II DPRD Kukar berakhir di Desa Muara Muntai Ulu, Kecamatan Muara Muntai Kukar, Kamis (2/9/2021).

Dalam kunjungan kerja di Desa Muara Muntai Ulu ini, rombongan Komisi II yang membidangi ekonomi dan keuangan melihat geliat ekonomi warga di sektor UMKM di masa pandemi.

Salah satunya adalah usaha penjualan oleh-oleh khas berupa krupuk ikan pada Kelompok UKM Muara Muntai, yang saat ini meminjam tempat di sekretariat PKK Kecamatan Muara Muntai.

Salah satu pengelola UMKM Muara Muntai Sri Kartika mengaku, bahwa untuk omzet penjualan turun drastis selama pandemi saat ini. Selama ini yang mengunjungi hanya pendatang yang tidak lain dari warga Muara Muntai yang menetap di luar, serta wisatawan yang biasanya setiap hari ada saja yang mampir membeli oleh- oleh.

"Tetapi setelah pandemi saat ini jauh menurun. Sebenarnya kondisi kami ini masih lebih baik dikarenakan jenis dagangan termasuk tahan lama, dibanding pedagang kaki lima lainnya yang menjual makanan mungkin akan lebih terasa lagi," tutur Sri Kartika.

Menyikapi kondisi ini, Anggota Komisi II DPRD Kukar Budiman, membesarkan hati kepada pengelola UMKM untuk tetap mempertahankan usaha ini, karena memang kondisi saat ini dialami merata di semua wilayah Kukar, bahkan se Indonesia.

"Terkait masa Pandemi ini, kita berharap semoga pandemi segera berlalu, dan aktifitas masyarakat kembali seperti semula," harap Budiman.

Terpisah, anggota Komisi II DPRD Kukar lainnya Firnadi Ikhsan menyebutkan, bahwa saat ini Pemerintah daerah sendiri tidak tinggal diam dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat dimasa pandemi sejalan dengan pemerintah pusat. Apalagi program kredit Kukar Idaman yang memfasilitasi pinjaman tanpa bunga adalah salah satu program yang bisa di manfaatkan dan menyentuh para pelaku usaha kecil mikro dan PKL.

"Program ini akan segera di gulirkan mulai akhir tahun ini dan sudah mendapatkan dukungan penuh dari DPRD Kukar untuk bisa dilaksanakan oleh Bupati dalam waktu dekat ini melalui Bankaltimtara," tutup Politisi PKS tersebut. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top