• Sabtu, 28 November 2020
logo
Pasang Iklan



(Sutikno, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Peternakan khususnya peternakan sapi di Kukar masih terbaik se Kaltim, dari segi pembinaannya dan pengembannya, bahkan untuk pengembangannya di Kukar sudah menggunakan sistem perkawinan Inseminasi Buatan (IB).

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar Sutikno, diruang kerjanya Selasa (27/10).

"Dari data di Kukar peternakan sapi kurang lebih 29.000 ekor dan terbanyak di Kecamatan Anggana, pengembangan kita bukan tradisional lagi seperti perkawinan secara alami, tetapi saat ini kita memakai sistem perkawinan Inseminasi Buatan (IB), "ungkap Sutikno.

Tikno sapaan akrabnya mengatakan, jika kita ingin melihat ternak sapi di Kukar yang banyak dikembangkan secara digembalakan paling banyak di daerah Jonggon, bahkan di Jonggon saat ini merupakan sentral pertanian dan peternakan, misal pertanian jagung disana ada dan pengembangan sapi juga ada.

"Dan sapi yang digembalakan di Jonggon saat ini jumlahnya sekitar 2.000 ekor, ini baru data peternakan sapi, belum kerbau dan kambing, untuk itu wajar peternakan Kukar terbaik se Kaltim, " terangnya.

Tikno menambahkan, untuk kondisi peternakan di Kukar saat ini sudah menggeliat dan kedepan peternakan di Kukar sudah modernisasi berjalan dan fasilitas kita berikan termasuk alat untuk IB, tidak menutup kemungkinan peternakan ini menjadi banyak yang menggeluti dan bisa menjadi sumber pemasukan bagi masyarakat.
(one)

Pasang Iklan Disini
Top