• Sabtu, 27 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara

Musim hujan mengguyur Kukar dalam beberapa hari terakhir. Curah hujan tinggi diperkirakan terjadi selama Februari 2016 ini. Sehingga masyarakat diminta waspada terhadap ancaman banjir dan tanah longsor.

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, puncak curah hujan tertinggi terjadi pada Februari 2016. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar, Darmansyah meminta masyarakat untuk waspada banjir dan longsor di musim hujan ini.

"Kami minta warga waspada banjir dan tanah longsor di musim hujan, khususnya bagi warga Kukar yang memiliki rumah di daerah perbukitan yang tanahnya rawan longsor, " ujarnya.

Darmansyah mengatakan, Pihaknya juga sudah melayangkan surat edaran kepada seluruh Kecamatan agar mengimbau warganya untuk waspada dini terhadap ancaman banjir, longsor dan angin puting beliung.

"Seluruh kecamatan diminta agar segera bersiaga dengan menyiapkan tempat-tempat evakuasi hingga sarana dan prasarana pendukung untuk menghadapi ancaman banjir ke depan," katanya.

Kendati demikian, BPBD Kukar tetap siaga setiap saat. Ia juga mengimbau warga dan dinas terkait agar melakukan normalisasi drainase untuk mencegah terjadi banjir. Sehingga saluran airnya tidak tersumbat dengan sampah atau sedimentasi.

"Warga bisa bergotong-royong membersihkan saluran air atau drainase yang buntu," imbuhnya.

Masyarakat juga diminta untuk tidak membuang sampah sembarang yang dapat memenuhi gorong-gorong sehingga membuat saluran air tersumbat. (zaf)

Pasang Iklan
Top