• Sabtu, 27 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dalam upaya mempermudah tugas di lapangan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memanfaatkan teknologi drone untuk memaksimalkan patroli pengawasan kebakaran.

Kepala Disdamkarmatan Kukar, Fida Hurasani, menjelaskan bahwa penggunaan drone bertujuan untuk memperluas cakupan pengawasan dan memberikan respons cepat terhadap kebakaran serta kejadian darurat lainnya.

"Drone digunakan untuk memantau titik api dan bencana di Kukar. Disdamkarmatan Kukar kini telah memiliki 2 unit drone dengan luas jangkauan maksimum mencapai 25 kilometer dan durasi penggunaan hingga 2 jam." ujarnya.

Fida mengungkapkan, meskipun pengoperasian drone belum bisa dilakukan secara maksimal karena belum tersedia fasilitas penunjang seperti boks stasiun pendaratan dan isi ulang darat otomatis, Disdamkarmatan Kukar tetap berupaya untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

"Kami berharap bahwa penggunaan drone ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pencegahan kebakaran dengan memantau secara rutin area rawan kebakaran dan pelanggaran peraturan kebakaran." jelasnya.

Selain itu, drone juga diharapkan dapat digunakan untuk memantau aktivitas petugas yang sedang melakukan piket, sehingga dapat membantu melaporkan kinerja Disdamkarmatan.

"Dan kami akan terus berupaya meningkatkan pemanfaatan teknologi drone dalam penanggulangan bencana dan pemadaman kebakaran, dengan harapan dapat memberikan perlindungan yang lebih baik bagi masyarakat Kukar." pungkasnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top