• Rabu, 06 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) ke V tahun 2022, yang dilaksanakan di Hotel Grand Elty Singasana Tenggarong, Sebtu (28/5/2022).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kukar Wiyono, turut hadir Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tajudin, Sekertaris Dinas Pemudan dan Olahraga Ramadhan, serta perwakilan Dinas Pariwisata.

Dalam acara tersebut dirangkai dengan Workshop Umkm Creative Preneur dengan tema Optimalisasi Digital Platform sebagai Fundamental Bisnis untuk UMKM Maju.

Asisten II Wiyono mengatakan bahwa peran UMKM terhadap Ekonomi Indonesia umumnya dan Kutai Kartanegara khususnya adalah menciptakan lapangan kerja, sehingga pengangguran otomatis berkurang. UMKM bahkan dianggap berkontribusi paling besar terhadap penyerapan tenaga kerja dibanding sektor usaha besar.

"Di sisi lain, perkembangan teknologi informasi dan digital, yang ditandai dengan kemudahan akses informasi melalui media digital dalam dua dekade terakhir ini, telah secara fundamental menciptakan transformasi di segala aspek." ungkapnya.

Kebutuhan akan adaptasi pun menjadi tantangan yang dihadapi UMKM di era Industry 4.0 dan Society 5.0. Ini merupakan peluang bagi UMKM untuk secara fundamental merevolusi konsep dan strategi bisnis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, perubahan pola komunikasi konsumen dan potensi teknologi digital demi mendapatkan keunggulan kompetitif di tengah persaingan global.

" Kemudian kita patut berbangga pada hari ini Muscab ke V DPC Adwindo Kabupaten Kukar Tahun 2022 dilaksanakan. Pemerintah Daerah Kabupaten Kukar berharap semangat kolektif semakin tumbuh di dalam diri setiap Teruna Dara Kukar untuk maju bersama di Era Disruptif ini, agar bisa mengembangkan potensi yang ada di dalam diri setiap Teruna Dara Kukar yang akan menjadi simpul yang kuat antara kemajuan UMKM yang ada di Kukar." jelasnya.

Sementara itu Ketua Adwindo Kukar Catur Palinggi mengatakan jadi kegiatan ini adalah Muscab Adwindo yang ke V sejak tahun 2011, dimana Muscab digelar setiap dua tahun sekali, tapi tahun ini acaranya dibuat sedikit berbeda. Kalau muscab biasanya hanya melibatkan internal organisasi, tapi pada musyawarah apwindo kali ini melibatkan pihak eksternal organisasi dengan mengadakan Workshop Umkm Creative Preneur yang merupakan rangkaian dari Muscab itu sendiri.

"Nah melalui muscab ini, kita bisa menggait bukan hanya pihak eksternal dari non pemerintah, tapi kita juga bisa menggait pemerintah karena memang biasanya kalau di Adwindo hanya terkait Duta Wisata. Tapi melalui kegiatan hari ini kita bisa menjalin relasi dan sinergitas dengan OPD-OPD lain, mengembangkan lagi organisasi Adwindo agar bisa memasuki sektor ekonomi di Kukar." ungkap Catur.

Catur menyebutkan bahwa agenda hari ini, dilaksanakan mulai dari pagi jam 9 sampai jam 4 sore itu pelatihan. Kemudian jam setengah lima mulai sidang, dari rangkaian sidang itu akan ada pemilihan ketua baru Adwindo periode 2022-2025. Untuk jumlah anggota Adwindo di Kukar sendiri ada sekitar 290 orang.

Catur mengungkapkan hal yang perlu dilakukan Ketua Adwindo kedepan adalah bukan hanya mengurus eksternal organisasi melainkan mengurusi internal organisasi, mensolidaritaskan masing-masing anggota, menguatkan, merekatkan masing-masing anggota karena organisasi yang kuat itu bukan sekedar berasal dari internal yang harmonis,

"Jadi pesan saya bagi ketua yang baru nanti perbaiki, rawat, dan tumbuhkan rasa kolektifitas rasa gotong royong dalam organisasi, insyallah apapun program yang akan dirancang kedepan akan bisa terlaksana dengan baik." pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top