• Rabu, 06 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kunjungan JITA disambut Sekda Kukar H Sunggono.

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Japan Indonesia Trading Association (JITA) berkunjung ke Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dalam rangka membahas tentang ketahanan pangan di Ibu Kota Negara Baru (IKN), di Ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar pada Jumat (27/05/22) pagi.

Kunjungan JITA dan rombongan diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono, turut hadir sekertaris Dinas Pertanian dan Peternakan Sya'rani, dan perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan.

Sekda Kukar Sunggono mengatakan, bahwa kedatangan kelompok pengusaha dari Jepang yang berkeinginan untuk meniti potensi wilayah yang ada di Kukar, berdasarkan hasil kajian mereka yang diharapkan berkesesuaian dengan kondisi wilayah di Kukar.

"Mereka memiliki beberapa kajian potensi terhadap komoditas pertanian seperti beras, udang, bambu yang diharapkan nanti bisa dikembangkan di Kukar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan juga di IKN, tapi semuanya masih berbasis pada rencana untuk bekerjasama dengan pengusaha setempat yang akan mengembangkan potensi yang mereka punya." ungkap Sunggono.

Sunggono memyebut mereka berkeinginan untuk sekarang menghimpun data dulu lihat potensi apa yang Kukar punya, setelah itu dipelajari, sebagaimana yang sudah mereka lakukan di Tarakan Kalimantan Utara.

Kemudian akan mengait atau menggadeng pengusaha lokal yang punya komitmen sama untuk mengembangkan komoditas itu. Nah setelah dianggap berhasil baru mereka akan berinvestasi.

"Menurut saya sebenarnya secara geografis di Jepang dengan di Indonesia khususnya Kukar ini masih satu wilayah, sangat mungkin bahwa kita banyak kesamaan, bahkan punya keunggulan salah satunya masalah iklim kita yang tidak bergantung pada musim salju. Sehingga kemungkinan produksi komoditas yang ada seperti pertanian beras itu bisa lebih maksimal dibanding mereka, termasuk pengembangan udang."jelasnya.

Sementara Ketua Japan Indonesia Trading Association (JITA) Junichi Fujiki mengatakan tujuan dari kedatangannya dengan tim hari ini adalah tentang sandang, papan, dan pangan untuk Ibu Kota Negara Baru bahwa tiga hal tersebut Jepang siap membantu dalam bentuk teknologi.

"Yang diharapkan JITA dari Kukar adalah bisa meningkatkan kesejahteraan penduduk di Kukar, melalui contohnya budidaya udangnya bagus hasilnya banyak, dengan sendirinya ada hubungannya dengan ekonomi rakyat, karena nanti udangnya akan diekspor ke Jepang dan bisa dibeli dengan harga yang lebih tinggi dan masyarakat di Kukar bisa menikmati." pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top