• Jum'at, 27 Mei 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Plt Kadispora Kukar Fida Hurasani saat membuka Kejuaraan Catur Terbuka memperebutkan Piala Bergilir Bupati Kukar 2022)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sangat mengapresiasi dengan dilaksanakannya Kejuaraan Catur Terbuka ini dan berharap melalui pengurus PERCASI Kutai Kartanegara untuk terus melakukan upaya terobosan dan usaha pembinaan atlet catur di Kukar.

Hal ini disampaikan Plt Kadispora Kukar Fida Hurasani, saat membuka Kejuaraan Catur Terbuka memperebutkan Piala Bergilir Bupati Kukar 2022, berlangsung di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Sabtu (15/1/2022).

"Olahraga catur dapat dikategorikan salah satu olahraga murah meriah dan sangat digemari masyarakat kita yang perlu ditingkatkan pembinaan dan prestasinya. Event Kejuaraan Catur Terbuka ini harus kita dukung sebagai upaya proses pembinaan dan peningkatan prestasi atlet catur di Kabupaten Kutai Kartanegara," ungkap Fida Hurasani membacakan sambutan Bupati Kukar.

Afe sapaan akrabnya mengatakan, pada kesempatan ini KONI Kukar sebagai induk cabang olahraga dan mitra Pemerintah dalam urusan olahraga di daerah, saya nilai telah mampu mengkonsolidasikan semua elemen keolahragaan di daerah. Tentu langkah-langkah dan semangat positif ini harus kita dukung sebagai upaya meraih prestasi diberbagai multi even olahraga.

Ia mengaku, dengan akan dilaksanakannya Pekan Olahraga Provinsi Kaltim (Porprov) ke VII di Berau pada akhir tahun ini, Pemkab Kukar harapkan event Kejuaraan Catur ini dapat kembali menggalakkan semua jenjang pembinaan baik dari Kecamatan, Kabupaten, tingkat provinsi hingga nasional.

"Kejuaraan catur terbuka ini selain sebagai ajang pertandingan, kegiatan ini adalah sebagai ajang silaturahmi, memperkokoh persatuan, persaudaraan dan kebersamaan kita di daerah serta mendukung secara langsung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui ajang olahraga. Dengat Kejuaraan Catur Terbuka ini marilah kita terus berkarya dan berjuang lebih keras lagi untuk menjadi masyarakat yang maju dan berprestasi, termasuk dalam pembinaan atlet catur lokal kita di daerah," tuturnya.

Ia menambahkan, dengan diselenggarakannya kejuaraan catur ini nantinya menjadi sebuah wahana lahirnya bibit-bibit pecatur berbakat yang selanjutnya dapat dikembangkan sebagai atlet catur yang mampu berkompetisi dan berprestasi di kejuaraan tingkat regional dan nasional.

"Saya pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kutal Kartanegara memberikan apresiasi tinggi terhadap penyelenggaraan Kejuaraan Catur Terbuka ini," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum Percasi Kukar Rakhmadi menuturkan, kejuaraan ini pastinya kita ingin melahirkan bibit atlet catur yang akan mewakili Kabupaten Kukar bertanding di Porprov Kaltim Berau.

"Kegiatan ini dilaksanakan pada 15 sampai 16 Januari 2022. Kejuaraan ini diikuti bukan dari Kukar saja tapi juga dari luar Kukar yakni Kubar, Balikpapan Samarinda, Bontang, Kutim, Banjarmasin dan Jakarta sebanyak 160 peserta, dengan kategori lomba senior umum, junior umum, putra dan putri lokal serta senior atlet lokal Kukar," tutupnya. (One)

Pasang Iklan
Top