• Jum'at, 27 Mei 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala Cabang Bankaltimtara Tenggarong Amuniantoyo saat memberikan contoh pembayaran melalui QRIS Pay Bankaltimtara kepada Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr. Martina Yulianti)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kegiatan sosialisasi QRIS Pay Bankaltimtara Cabang Tenggarong dalam rangka pembayaran transaksi non tunai di Puskesmas Wilayah Kukar merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan.

Bukan hanya dalam konteks peningkatan pelayanan terhadap para pasien yang ada di Puskesmas, tetapi juga peningkatan pelayanan kita untuk mempercepat pasien dalam mendapatkan pelayanan saat harus ketika itu juga membayar biaya di Puskesmas dengan transaksi non tunai.

Hal ini diungkapkan Plt Asisten III Setkab Kukar Sukotjo, usai membuka sosialisasi QRIS Pay Bankaltimtara Cabang Tenggarong dalam rangka pembayaran transaksi non tunai di Puskesmas Wilayah Kukar, berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di ruang serbaguna lantai 3 Bankaltimtara Cabang Tenggarong, Senin (25/10/2021).

"Ketika kemudian pendapatan dipercepat bisa masuk ke Kas Daerah lewat Bapenda Kukar maka pendapatan itu bisa langsung di konversi untuk meningkatkan pelayanan apa saja yang kemudian di butuhkan dalam peningkatan pelayanan di Puskesmas," ungkap Sukotjo.

Ia mengatakan, saat ini ada dua sisi yang kemudian diperbaiki dengan QRIS, satu sisi peningkatan pendapatannya, disisi lain pendapatan itu bisa juga langsung dioptimalkan untuk meningkatkan pelayanan.

Ia menjelaskan, Inovasi QRIS ini telah digulirkan pemerintah pusat melalui Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yang leading sektornya ada di Bank Indonesia, dan melalui jaringan perbankannya, baik itu Bankaltimtara maupun Bank lainnya.

"Ketika kemudian perbankan itu bertemu dengan sumber-sumber pendapatan seperti dari Puskesmas ini dengan transaksi non tunai, maka lewat QRIS ini akan mempercepat pelayanan bisa diberikan berikut juga tidak mempersulit pembayaran dengan melalui QRIS ini," tuturnya.

Ia memastikan, dengan QRIS ini dari dompet digital apapun yang kita punya itu bisa melakukan transaksi non tunai ini, tentunya kami Pemkab Kukar sangat mengapresiasi QRIS Pay Bankaltimtara ini.

Sementara itu, Kepala Cabang Bankaltimtara Tenggarong Amuniantoyo menambahkan, saat ini semua pembayaran serba digital, kita juga sudah ada aplikasi Dalam Genggaman (DG) untuk mendukung program QRIS Pay Bankaltimtara ini.

Dengan transaksi non tunai QRIS Pay Bankaltimtara ini lanjutnya, tentu meringankan beban bendahara, karena tidak perlu setor lagi ke Bankaltimtara, dan kami pesan silahkan tingkatkan transaksinya, dan Dinkes Kukar calon selanjutnya.

"Untuk cara bayar atau salah bayar maka kita akan selalu berikan edukasi ke nasabah yang ingin komitmen dalam pembayaran digital ini," tutupnya.

Dalam sosialisasi ini dihadiri perserta mewakili 32 Puskesmas di Kukar, kemudian ada 4 OPD yang juga mengikuti,yakni Bapenda Kukar, Dispar Kukar Disperindag Kukar dan Dishub Kukar. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top