• Jum'at, 27 Mei 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Ketua KONI Kukar Rahman saat melepas peserta pada Kejuaraan Duathlon yang dilaksanakan Pengcab Triathlon Kukar.(foto=zulkipli)

TENGGARONG,(KutaiRaya.com)- Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Duathlon (lari dan sepeda) 2021 Pengurus Cabang (Pengcab) Triathlon Kukar, sukses digelar di komplek Aji Imbut Tenggarong Seberang, Minggu (24/10/2021).

Ketua Pengcab Triathlon Kukar Eko Sumarianto mengatakan, pada Kejurkab tersebut diikuti sebanyak 45 peserta, dengan tiga katagori , yakni katagori remaja maksimal usia 18 tahun, women open dan men open.

"Ini sebagai ajang untuk persiapan menghadapi pra Porprov dan Porprov 2022 di Berau," kata Eko.

Para juara dalam kejuaraan ini nantinya dipastikan akan diseleksi untuk mewakili Kutai Kartanegara dalam ajang bergengsi tersebut. Triathlon Kukar berusaha maksimal, agar para atlitnya bisa mengukir prestasi maksimal dalam even nantinya.

Sementara pada Kejurkab Duathlon 2021 seluruh peserta sangat antusias, para peserta di masing masing kelas yang dipertandingkan mengikuti lari yang dilakukan dengak jarak sekitar 1,5 km kemudian langsung diteruskan dengan sepeda dengan lima kali putaran atau sekitar 7,5 km dan teruskan lagi dengan lari satu kali putaran dengan jarak 1,5 km.

Ketua KONI Kukar Rahman Skom bersama Ketua Triathlon Kaltim Fitria Alyadrus ikut hadir menyaksikan kejuaraan tersebut. Penggiat olahraga yang juga Wakil Ketua DPRD Kukar Didik Agung Eko Wahono juga turut memeriahkan kegiatan kejuaraan tersebut.

Ketua KONI Kukar Rahman mengatakan, cabor triathlon meliputi olahraga lari, sepeda, dan renang, namun saat ini yang diselenggarakan hanya 2 item yaitu lari dan sepeda, karena kalau renang memerlukan tempat yang memadai, seperti pantai.

"Pertandingan ini untuk persiapan kejurprov, pra porprov kedepan, kita bentuk atlet lokal, sehingga tidak adopsi dari luar, banyak atlet kita yang perlu pembinaan," kata Rahman,disela sela acara Kejurkab.

Dirinya berharap kedepan, cabor Triathlon bisa tersosialisakan dengan baik di 18 Kecamatan, semoga cabor ini bisa menjadi olahraga masyarakat.

"Karena potensi masyarakat sangat besar untuk mengembangkan prestasinya, kita harus bersinergi dengan pihak Kecamatan maupun desa agar cabor ini tersosialisasikan dengan baik," ucapnya.

Ia juga menyebutkan, cabor Triathlon dibentuk sejak 2020, ini merupakan cabor baru naungan Koni Kukar. Harapannta cabor tersebut bisa berkembang, dan berprestasi.

Sementara itu Penggiat olahraga sepeda, yang juga merupakan Wakil Ketua DPRD Kutai Kartanegara Didik Agung Eko Wahono menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya Kejurkab Duathlon (lari dan sepeda) pada 2021.

Pada Kejurkab itu Didik Agung juga turut meramaikan dengan menggikuti pada kelas Man Open bersama dengan peserta lainnya.

Selain sebagai ajang silarahmi, momen kejuaraan ini tentunya untuk mencari atlit Triathlon Kukar untuk dipersiapkan pada ajang bergengsi selanjutnya, yakni Pra Porprov dan Porprov 2022 di Berau.

"Makin sering diadakan kejuaraan semakin bagus, tentu akan menambah semangat para atlit atlit Kukar untuk berlatih. " katanya.

Kedepan kejuaraan diharapkan bisa dijadwalkan dalam satu tahun lebih dari satu kejuaraan. Selain untuk memotivasi atlit, sasaran lain adalah mendorong kemajuan perkembangan sector pariwisata dengan mengenalkan potensi potensi wisata di Kukar.

"Pelaksanaannya nanti tidak hanya di sini (dikomplek Aji Imbut) bisa ditempat lain, sambil menjual kuliner dan mempromosikan potensi potensi wisata Kukar. Dalam satu tahun terakhir ini kegiatan memang minim, karena dalam kondisi pandemic Covid-19," ungkapnya.

Sementara pemenang dalam Kejurkab Duathlon Kukar 2021 diantaranya adalah untuk kelas remaja M Alvianur, Yaskur Falah Bakri, Muhammad Ajeng Dwi Bagus, Awang Rasyid, Muhammad Syahfa.

Untuk kelas men open pemenang yaitu, Fredik, Reza Saputra, Syifaul Umam, Bagas Yonanda, Muhammad Akmal, sedangkan kelas women open ialah, Maria Paulina, Rahyul Imanuel, Vionalita, Rahel, Jasmine. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top