• Kamis, 26 Mei 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(PLTS Komunal yang dikelola BUMDes Bersinar Desaku.Foto:Ist)


KUKAR (KutaiRaya.com) - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersinar Desaku di Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara, terus berinovasi.

Direktur BUMDes Bersinar Desaku Aliansyah mengatakan, BUMDes yang berdiri sejak tahun 2015 ini awalnya telah mengelola 5 unit usaha, dan sekarang sudah ada 6 unit usaha yang dikelola.

"Diantaranya termasuk usaha air bersih isi ulang, tv kabel prabayar kemudian listrik komunal, Pamsimas, walet dan pasar Desa," tuturnya.

Bahkan lanjutnya, kami yang merupakan desa terpencil dan terisolir melalui unit usaha listrik komunal, pada 2020 desa kami menjadi role model pengelolaan PLTS Komunal di Indonesia. Prestasi desa tanpa daratan yang berada di sisi barat Danau Melintang ini tak lepas dari profesionalitas warga kami.

"Dengan 6 unit usaha yang kita kelola ini untuk pendapatan BUMDes kami itu perbulannya rata-rata 25 juta, yang dikelola oleh 11 karyawan yang merupakan warga Desa Muara Enggelam dan mereka bekerja profesional," tuturnya.

Ia menambahkan, BUMDes ini juga didukung Pemkab Kukar, rencananya diakhir Oktober atau awal November ini, untuk unit PLTS Komunal ini kami dapat bantuan peremajaan alat dari Pemkab Kukar di perubahan sebesar Rp 1 Miliar 650 juta.

"Biaya ini untuk peremajaan komunal diperuntukkan untuk pergantian baterai, panel termasuk penambahan inverter komunal karena ada yang terbakar termasuk juga untuk penambahan daya untuk peningkatan kapasitas listrik di masyarakat," terangnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top