• Kamis, 26 Mei 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Dedi Wahyudi

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Perpustakaan Umum Kabupaten Kukar yang berada di Jl. Danau Semayang No.100, Melayu, Tenggarong telah di buka kembali setelah satu tahun ditutup karena Pandemi covid-19.

Kepala Bidang Pengolahan, Pelayanan, dan Pelestarian Bahan Pustaka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar Dedi Wahyudi mengatakan, perpustakaan sudah dibuka tiga minggu yang lalu. Setelah buka pihak perpustakaan membatasi pengunjung dalam satu hari hanya 30 orang dengan menerapkan prokes ketat.

"Untuk sementara perpustakaan beroperasi dari pukul 10.00-14.00 wita, rencananya Senin ini akan dimajukan kembali jamnya, dari pukul 09.00-15.00 wita karena status PPKM sudah turun ke level 2," kata Dedi Wahyudi kepada media diruang Perpustakaan Jum'at (22/10/2021).

Dedi menjelaskan, di Perpustakaan Umum Kukar buku yang tersedia ada sekitar 50 ribu dan untuk buku digital ada 3.500, dengan jenis buku mulai dari buku novel, seni budaya, ilmu pengetahuan.

"Semua kategori buku ada tersedia semua. Untuk perpustakaan digital sendiri masyarakat ingin membuka buku apa saja ada, dengan mendownload aplikasi I Kukar di play store,"katanya.

Untuk menumbuhkembangkan minat baca masyarakat di perpustaakan, pemerintah melibatkan komunitas baca di Kukar. Selain itu juga di seluruh kecamatan ada penggiat Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB), Gerakan Literasi Kutai Kartanegara.

"Bagi masyarakat yang ingin membuka literasi baca didesanya, Perpustakaan Umum Kutai Kartanegara siap membantu penyediaan buku asal ada kerjasama atau perjanjian MOU antara pemerintah desa dengan Perpustakaan," jelasnya.

Dengan dibukanya perpustakaan umum, akan mampu meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top