• Jum'at, 27 Mei 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Puskesmas Pembantu Loa Bukit Desa Loa Ulung)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Puskesmas Pembantu (Pusban) Loa Bukit di Desa Loa Ulung Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kukar sekitar dua tahun lalu sempat terbakar, kini telah rampung dibangun kembali dan nampak megah jika dibandingkan bangunan sebelumnya.

Menurut Sekdes Desa Loa Ulung Ridwan, Puskesmas Pembantu Loa Bukit ini sebenarnya sudah lama berdiri, namun saat ini baru rampung pembangunan gedung barunya, karena yang lama terbakar bersamaan dengan 17 rumah warga sekitar pada September 2019 silam.

"Dulunya Pusban yang lama beberapa tahun lalu terbakar dan juga menghanguskan 17 rumah pemukiman disekitarnya, jadi kami coba mengusulkan kembali, karena Pusban ini salah satu akses prioritas selain untuk masyarakat Desa Loa Ulung juga masyarakat di Desa lainnya yang berdekatan dengan Desa Loa Ulung ini dalam memberikan pelayanan kesehatan," ungkapnya.

Ia mengaku, setelah kita mengusulkan ke Pemkab Kukar kami bersyukur langsung direspon dan Pusban ini dapat dibangun kembali dengan model bangunan yang lebih baik dari sebelumnya.

"Sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat Desa Loa Ulung yang berjumlah sekitar 2.100 jiwa berlanjut kembali," tuturnya.

Karena lanjutnya, fungsi dari Puskesmas Pembantu ini untuk membantu melaksanakan kegiatan yang dilaksanakan puskesmas diwilayah kerjanya, juga untuk meningkatkan akses dan jangkauan pelayanan dasar diwilayah puskesmas, serta mendukung pelaksanaan kesehatan terutama pelayanan kesehatan masyarakat.

"Kami di Pemerintah Desa juga berharap dengan telah di bangunnya kembali Pusban ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Selain itu setelah fasilitas yang dibangun, para tenaga medis yang bertugas di Puskesmas Pembantu ini dapat memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat," harapnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top