• Jum'at, 27 Mei 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala Desa Sebulu Ulu Zul Haidir didampingi perwakilan Polsek dan Danramil Sebulu saat meninjau progres rehab ringan rumah warganya)


KUKAR (KutaiRaya.com) - Kepala Desa (Kades) Sebulu Ulu Zul Haidir, dengan didukung unsur Muspika Sebulu, merehab ringan tiga rumah warga kurang mampu yang tak layak huni, di awali merehab rumah warga milik Kasmadi (54), warga RT 011 Jalan Meranti Desa Sebulu Ulu, Kecamatan Sebulu Kukar.

Menurut Zul Haidir yang sudah 1 tahun lebih menjabat sebagai Kades Sebulu Ulu ini, dirinya tergerak untuk membantu merehab ringan rumah warganya tersebut, lantaran melihat postingan di medsos anak warganya itu yang mengabadikan kondisi rumah orangtuanya saat hujan atap rumahnya bocor dan dindingnya juga sudah rusak.

Melihat postingan itu, keesokan harinya pada Jum'at (10/9/2021) lalu, dirinya bersama Polsek Sebulu dan Muspika langsung meninjau rumah warganya tersebut yang lokasinya di RT 11 tidak jauh dari Kantor Desa Sebulu Ulu, saat itu juga dirinya berinisiatif membantu merehab ringan dengan dana swadaya dibantu dengan unsur Muspika Sebulu.

"Sebelumnya kita melihat ada postingan warga kita di media sosial, dan memang saya juga berasal dari orang susah, jadi kalau melihat postingan begini tergerak hati saya untuk membantu, saya juga merasakan apa yang dirasakan warganya, dan alhamdulillah kami dibantu juga dari unsur Muspika Sebulu sehingga rehab ringan ini dapat berjalan, " ungkap Kades Sebulu Ulu Zul Haidir kepada awak media, saat meninjau progres rehab ringan rumah warganya tersebut di dampingi perwakilan Polsek dan Danramil Sebulu, Senin (4/10/2021) siang

Ia mengaku, saat ini kami telah membongkar rumah tersebut dan di rehab ringan di bagian dinding dan atapnya diganti, selain itu Juga dibangun kamar mandi dan WC permanen dari bantuan program Sanitasi Perdesaan Padat Karya (Sandes) dari Kementerian PUPR.

Dan setelah rumah Kasmadi di rehab ringan, masih ada dua unit rumah lagi yang akan kami rehab ringan juga, dan bertahap kami lakukan agar warga kami tidak ada lagi rumah yang tidak layak huni di Desa Sebulu Ulu ini.

"Saya berharap dengan pelaksanaan rehab ringan rumah nanti, Kasmadi sekeluarga bisa memiliki rumah layak huni yang aman dan nyaman untuk ditempati. Ini juga sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab bersama pemerintah Desa Sebulu Ulu, Polsek dan Muspika Sebulu untuk membantu warga tidak mampu," tuturnya.

Sementara itu, Camat Sebulu Eddy Fahrudin mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini artinya pemerintah Desa dan Muspika Sebulu bekerja sama untuk merehab ringan rumah warga tersebut, dan harapannya kedepan kami bisa membantu rumah-rumah warga kurang mampu tak layak huni lainnya.

"Kegiatan ini merupakan awal dari inisiasi Pemdes Sebulu Ulu dan Muspika Sebulu, dan baru pertama kali di Kecamatan Sebulu, semoga kegiatan ini berlanjut antara Pemdes dan Muspika untuk merehab ringan rumah warga kurang mampu yang tak layak huni dan bisa menjadi contoh Desa lainnya di Sebulu," terangnya.

Kemudian, Kapolsek Sebulu AKP Agus Kurniadi juga menanggapi kegiatan ini, bahwa kegiatan yang diprakarsai Kades Sebulu Ulu ini dirinya sangat mendukung, dan kami siap membantu untuk kelancaran terselenggaranya rehab rumah ini.

"Pastinya program ini sangat bagus ide cemerlang dari pak Kades Sebulu Ulu karena sangat perhatian terhadap warganya yang memiliki hunian yang belum layak, jadi kita bersama-sama membantu agar warga kurang mampu ini bisa memiliki hunian yang layak dan lebih nyaman untuk ditempati," ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan Danramil Sebulu Lexsy Pelemon A.P, menurutnya kegiatan ini sangat membantu masyarakat, karena warga sangat membutuhkan perhatian dari pimpinan wilayah khususnya di Desa Sebulu Ulu ini.

"Program ini sangat membantu warga di tengah pandemi Covid-19, terutama rehab ringan rumah warga, tentunya kami selaku TNI di satuan Koramil sangat mendukung ide Kades Sebulu Ulu demi mensejahterakan warga yang tidak mampu ini, dan kami siap mendukung dan berkolaborasi dengan masyarakat baik tenaga maupun materil," paparnya.

Terpisah, Kasmidi mengungkapkan rasa terima kasih kepada Kades dan Polsek serta Muspika Sebulu yang telah membantu merehab rumahnya.

"Saya telah mendiami rumah ini selama kurang lebih 11 tahun, dan memang kondisi rumah saya tidak layak huni lagi, karena tidak mampu memperbaikinya, selama ini saya tinggal bersama istri dan kebutuhan hidup saya kerja serabutan dan tidak bisa memperbaiki rumahnya, karena tidak memiliki pekerjaan tetap, maka sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas bantuan ini," tutupnya. (One)

Pasang Iklan
Top