• Selasa, 07 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Tim penilai lomba Binter 2021 saat meninjau Desa Mandiri di Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Tim penilai lomba pembinaan teritorial (Binter) 2021, mengakhiri kunjungannya ke Kodim 0906 Kukar dengan mengunjungi Desa Mandiri yakni Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Seberang, Selasa (31/8/2021).

Usai meninjau Desa Tanjung Batu, salah satu tim penilai Kolonel Inf Pranito Dwinarman mengatakan, jika dipresentasikan secara umum penilaian untuk Kodim 0906 Kukar dalam lomba Binter tahun ini adalah 30 persennya baik sisanya 70 persen baik dan baik sekali.

Ia juga menuturkan, bahwa Kodim 0906 Kukar merupakan Kodim yang ketujuh dirinya hadiri, untuk dinilai dan rencana ada 11 Kodim di Indonesia yang kami nilai dalam Lomba Binter ini, karena Kodim Kukar ini masuk dalam klasifikasi B dalam penilaian, sehingga bapak TNI AD menunjuk saya sebagai ketua tim penilaian.

"Kita saat ini tidak berusaha mencari juara dulu karena yang menentukan juara nanti di TNI AD. Saya hanya membawa misi, apa yang saya lihat, apa yang dikerjakan oleh kodim Kukar yang bersinergi dengan masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat yakni karyanya dapat bermanfaat bagi masyarakat, kami juga berharap Kodim ini menjadi percontohan bagi Kodim-Kodim yang lain," terangnya.

Ia mengaku, untuk penilaian kriteria Kodim yang akan menjadi Kodim unggulan yang juga menjadi contoh di Angkatan Darat ini, bukan hanya kegiatan program dan non program saja, tapi juga program-program unggulan yang menjadi permasalahan di masing-masing wilayah karena Kodim mempunyai tantangan tersendiri.

"Yang mana disitu ada kemampuan seorang komandan satuan Korwil yang bisa menggebrak mewujudkan masyarakat suatu tempat yang selama ini tidak terwujud, seperti yang dilaksanakan Kodim 0906 Kukar ini, tadi disampaikan Desa Tanjung Batu ini dulunya Desa tertinggal dan itu yang sudah lama tidak tersentuh perkembangannya. Dengan kehadiran Dandim bekerjasama dengan masyarakat yang juga di motivasi pak Danrem dan juga pak Bupati mendukung maka ini terwujud di Desa ini," tuturnya.

Ia menambahkan, kemudian apa yang disampaikan Kades dan masyarakat dalam testimoninya menjadi kunci saya yang nanti akan menjawab di pimpinan AD, bahwa di Kukar khususnya di Desa Mandiri Desa Tanjung Batu, kemudian Dandim beserta jajarannya sudah berbuat dan sudah mewujudkan yang selama ini menjadi harapan masyarakat disini.

Terpisah Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, Pihaknya sangat bersyukur kerja bersama khususnya yang dilaksanakan Kodim 0906 Kukar beserta jajaran dan berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan, khususnya berkaitan dengan pembinaan teritorinya, pembinaan ke masyarakat dan mengembangkan sektor ketahanan pangan sudah dilakukan dengan baik.

"Dan secara khusus juga kami mengucapkan terima kasih yang luar biasa bagi para senior, para petinggi TNI AD dan jajaran, yang sudah menetapkan Kukar khususnya di Desa Tanjung Batu melalui program pengembangan cadangan pangan nasional dalam konsep Desa sinergi hijau, saya juga berharap dalam Lomba Binter ini Kodim Kukar bisa meraih juara," harapnya. (One)

Pasang Iklan
Top