• Selasa, 07 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji saat menghadiri penyerahan Alsintan kerjasama Komisi IV DPR RI dengan Kementerian Pertanian RI di Kabupaten Kutai Kartanegara)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Wakil Ketua DPRD Kaltim Ir. Seno Aji, M.Si, hadiri penyerahan alat mesin pertanian (Alsintan) kerjasama Komisi IV DPR RI dengan Kementerian Pertanian RI, di UPTD Balai Benih dan Palawija, Desa Rempanga Kecamatan Loa Kulu, Kukar, Minggu (22/8/2021).

Bantuan alat mesin pertanian ini diterima Bupati Kukar Edi Damansyah, disaksikan Wakil Ketua DPRD Kaltim Ir. Seno Aji, M.Si, juga dihadiri Wakil Ketua I DPRD Kukar Alif Turiadi, Kepala Distanak Kukar Sutikno, dan sebagian pengurus Poktan.

Dalam kesempatan tersebut Politikus Gerindra ini mengatakan, pihaknya dari DPRD Provinsi Kaltim selalu mendukung kegiatan Bupati Kukar, setiap hari kita selalu berkomunikasi dengan Bupati Kukar yang saat ini fokus dengan visi misinya dibidang pertanian dalam arti luas.

"Kami juga meminta anggota DPR RI Dapil Kaltim pak Budisatrio Djiwandono yang juga sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, untuk menurunkan banyak bantuan di Kukar, dan bantuan tersebut ada 33 Alsintan untuk 33 Poktan maupun Gapoktan di tujuh Kecamatan di Kukar, termasuk bantuan bibit dan pupuk supaya petani di Kukar ini bisa maju dan berkembang sesuai visi dan misi Bupati Kukar, salah satunya pertanian dalam arti luas adalah salah satu investasi yang ada di Kukar diluar dari sumber daya alamnya," terang Seno Aji.

Legislator Karang Paci dari Dapil IV Kukar ini mengaku, dirinya bersama Fraksi Gerindra lainnya baik itu di DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten akan terus mendukung pak Bupati, agar masyarakat Kukar bisa mandiri dalam hal pangan supaya bisa mewujudkan visi misi Bupati Kukar dalam swasembada beras, swasembada pangan dalam arti yang luas.

"Harapan kami setelah alat ini diterima oleh kelompok tani bisa digunakan sebaik-baiknya dan nantinya kita akan memantau terus bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kukar, sejauh mana mereka berkembang dengan alat-alat yang ada, kita akan berikan bantuan stimulus selanjutnya yang nanti mereka perlukan, apakah di tahap operasional, tahap panen atau tahap pemasarannya. Kegiatan ini akan berkelanjutan supaya para petani ini bisa menemukan pasar yang tepat," terangnya.

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah menyebutkan, program ini bagian dari prioritas Pemkab Kukar dalam pengembangan pertanian dalam arti luas khususnya penyediaan Alsintan yang menjadi kebutuhan para petani.

"Program ini sinergisitas, jadi kami di Kabupaten mengusulkan dan menyiapkan data-data kelompok tani yang akan menerima bantuan, kami berkoordinasi dengan DPRD Provinsi dan juga anggota DPR RI Dapil Kaltim, alhamdulillah dari prosesnya juga berjalan dengan baik dan semuanya direspon dengan baik, karena telah saya sampaikan kepada jajaran Dinas Pertanian Kukar bahwa dalam hal ini kita tidak dapat kerja sendiri, bagaimana kita bersinergi dan berkolaborasi," tuturnya.

Tak lupa, Bupati Edi Damansyah mengucapkan terima kasih kepada anggota DPR RI Dapil Kaltim dan DPRD Provinsi Dapil Kukar yang sudah sama-sama bekerja sehingga pada saat ini yang menjadi permohonan kami ini dapat terealisasi.

"Semoga bantuan ini membawa manfaat kepada masyarakat dan meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya para petani," harapnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top