• Selasa, 07 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK bersama Gubernur Kaltim Isran Noor turut serta hadir pada upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021 dihalaman Kantor Gubernur Kaltim.Foto:HumasDPRDKaltim)


SAMARINDA (KutaiRaya.com) - Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 76, yang digelar di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (17/8/2021), pimpinan DPRD Kaltim juga turut menghadiri, yakni Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun, Seno Aji, dan Sigit Wibowo. Dan bertindak selaku Inspektur upacara Gubernur Kaltim Isran Noor.

Dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76, Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK membacakan naskah proklamasi. Upacara tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Sekretaris Daerah Kaltim Muhammad Sa'bani, Kepala Kejaksaan Tinggi Deden Riki Hayatul Firman, Ketua Pengadilan Tinggi Sutoyo, Ketua Pengadilan Agama Sukiman BP, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, para asisten, kepala biro dan pimpinan OPD dilingkungan Pemprov Kaltim.

Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK mengatakan, dalan memaknai arti kemerdekaan saat ini perjuangan kita masih tetap terus berlanjut, terutama di masa pandemi Covid-19 yang merupakan cobaan terberat dan tantangan bagi kita semua.

"Semua elemen masyarakat perlu untuk terus berjuang bahu membahu dalam mempertahankan dan membangun bangsa dan negara, jangan ada perpecahan yang dapat merusak tatanan bangsa. Kita semua juga perlu mendukung seluruh program pemerintah daerah dan pusat dalam percepatan penanggulangan Covid-19 dan juga memulihkan ekonomi akibat terdampak pandemi ini," ungkap politisi Golkar tersebut.

Sehari sebelumnya, dalam memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, DPRD Provinsi Kalimantan Timur menggelar Rapat Paripurna ke 22 dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rangka HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021. Presiden Jokowi memberikan pidato kenegaraan pada rapat tahunan MPR RI dan Sidang bersama DPD dan DPR RI melalui virtual, berlangsung di Kantor DPRD Kaltim secara virtual, Senin (16/8/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Makmur HAPK juga memaparkan beberapa capaian pembangunan Kaltim yang telah dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Bukan hanya dalam bentuk infrastruktur publik, namun juga dalam bentuk program-program nyata di bidang pendidikan, sosial kemasyarakatan, pemberdayaan ekonomi rakyat, dan pembangunan pertanian dalam arti luas.

"Termasuk tata Kelola pemerintahan dan pelayanan publik, juga terus menunjukkan perbaikan, salah satu indikatornya adalah pemerintah Kaltim telah meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 8 kali," terangnya.

Legislator Karang Paci Dari Dapil VI ini mengaku, keberhasilan pembangunan tersebut mencerminkan pengelolaan daerah di Kaltim sudah dapat dikatakan akuntabel, transparansi dan profesional guna mewujudkan Kaltim yang berdaulat. Namun, selama pandemi Covid-19 melanda di Kaltim, tentu ada beberapa permasalahan yang terjadi.

"Dampak yang paling dirasakan masyarakat Kaltim adalah meningkatnya jumlah pengangguran ditambah dengan masalah banjir yang tidak pernah ada habisnya dibahasnya yaitu penanganan masalah banjir yang selalu melanda Kota Samarinda, Kota Balikpapan, dan kota-kota lainnya terutama sepanjang daerah aliran Sungai Mahakam," tuturnya.

Ia berharap, sejumlah program yang belum terealisasi dapat segera dituntaskan pada tahun ini. Karena ini sebagai pertanggungjawaban eksekutif dan legislatif kepada masyarakat Kaltim. Tak hanya itu, DPRD Kaltim juga mengucapkan Dirgahayu RI yang ke 76. Makmur HAPK pun berharap agar seluruh masyarakat di Kaltim dapat mengisi kemerdekaan Indonesia dengan memberikan pengabdian dan kesetiaan terbaik untuk negeri ini.

"Mari kita buktikan kerja nyata kita bagi kemajuan Indonesia dan khususnya Kaltim tercinta, sesuai tema peringatan hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 76 Tahun 2021, yakni "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh" yang merupakan simbolisasi terhadap kesempurnaan dan pencerminan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai untuk memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia," pungkasnya. (One/Hms/Adv)

Pasang Iklan
Top