• Selasa, 07 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Suasana antri pelaksanaan vaksinasi Moderna di wilayah pantai tepatnya di RSUD Aji Batara Agung Dewa Sakti Samboja)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Vaksinasi untuk warga Kutai Kartanegara kembali dilaksanakan, kali ini di Kecamatan Kota Bangun sebagai representasi wilayah hulu yang diikuti warga beberapa Kecamatan di sekitarnya. Selain itu juga dilaksanakan di Kecamatan Samboja sebagai representasi wilayah pantai yang diikuti warga Kecamatan Samboja, Muara Jawa dan Sanga-Sanga, Selasa (17/8/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara, dr. Martina Yulianti, Sp. P.D., FINASIM, MARS mengatakan, vaksinasi tersebut merupakan upaya pemerataan vaksinasi untuk warga di Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Karena perkembangan hingga saat ini wilayah Kecamatan Tenggarong, Muara Badak, dan Samboja dalam status merah. Sementara status orange pada Kecamatan Kota Bangun, Sebulu, Tenggarong Seberang, Loa Kulu, Loa Janan, dan Muara Jawa. Dan status Kuning ada pada Kecamatan Tabang, Kembang Janggut, Kenohan, Muara Wis, Muara Muntai, Muara Kaman, Marang Kayu, Anggana, dan Sanga-Sanga," jelasnya.

Dokter Yuli sapaan akrabnya juga menyampaikan, bahwa vaksin yang dilaksanakan ini adalah Moderna. Diingatkan kepada masyarakat untuk memahami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) tiap jenis vaksin adalah berbeda.

"Vaksin Moderna dikenal memiliki efikasi yang tinggi namun memiliki KIPI yang berat. Disarankan agar masyarakat menghubungi nakes di pusat kesehatan jika dirasa ada gejala KIPI yang berat," terangnya.

Ia mengingatkan kepada masyarakat, agar tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat dengan melaksanakan 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan menggunakan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas dan interaksi.

"Kerjasama masyarakat dan semua pihak dalam melaksanakan 5M dan vaksinasi ini adalah kunci sukses keluar dari pandemi ini," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah memastikan, dengan pelaksanaan vaksinasi maka Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sangat peduli terhadap perlindungan warga dalam masa pandemi COVID-19.

"Setelah sebelumnya dilaksanakan vaksinasi moderna di wilayah Tenggarong dan sekitarnya, bertepatan dengan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 juga dilakukan Vaksinasi dengan Moderna serentak di zona hulu dan zona Pantai," paparnya.

Ia menambahkan, vaksinasi ini tidak hanya berpusat di Tenggarong saja, tetapi kami juga ingin pelaksanaan program vaksinasi ini dilakukan merata diseluruh Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Kegiatan vaksinasi ini akan terus kita lakukan untuk percepatan penanganan COVID-19 di Kutai Kartanegara. Saya menghimbau untuk seluruh masyarakat Kutai Kartanegara yang belum mengikuti Vaksinasi, ayok daftar segera ke fasilitas kesehatan terdekat," harapnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top