• Selasa, 07 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah)



TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengimbau agar warga Kukar yang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) dirumah untuk melaporkan kondisi kesehatannya ke Fasilitas Kesehatan (Faskes) terdekat.

Hal ini diungkapkan Bupati Kukar Edi Damansyah kepada awak media belum lama ini.

"Warga Kukar yang isolasi mandiri ini dari data menunjukkan bahwa masih sebagian besar prosentasenya belum diperiksa kesehatannya, jadi ada kondisi ketakutan kalau diperiksa," ungkap Edi Damansyah.

Untuk itu, dirinya sekali lagi mengimbau kepada warga Kukar yang menjalani Isoman dirumah yang belum diperiksa harus datang ke fasilitas kesehatan yang ada, kalau di Kecamatan datang ke Puskesmas, karena disana juga ada Satgas Penanganan Covid-19 juga, dan untuk warga Isoman di Tenggarong dan sekitarnya bisa datang ke wisma atlet karena disana juga tersedia klinik.

"Jadi diperiksa terlebih dahulu kemudian diberikan catatan khusus, jika tidak ada gangguan kesehatan lain itu silahkan Isoman, tetapi jika ada gangguan kesehatan harus cepat ditangani," tegasnya.

Ia mengaku, dari kondisi catatan beberapa saudara kita yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 itu ada keterlambatan penanganannya.

Ia menambahkan, untuk memantau kondisi warga Kukar yang menjalani Isoman, pihaknya juga merekrut relawan-relawan di tingkat Kecamatan untuk melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga yang menjalani Isoman.

"Secara aplikasi kita sudah membangun sistem, jadi rumah-rumah warga yang digunakan untuk Isoman titik koordinatnya sudah terdata, jadi kita bisa mengetahui dan mengecek apakah ini sudah terpantau baik itu pelayanan kesehatannya, distribusi obatnya maupun kebutuhan pokoknya, dan ini sudah berjalan dengan baik," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top