• Selasa, 07 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Bupati Kukar Edi Damansyah)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengatakan, salah satu prioritas kebijakan Kabupaten Kukar adalah pengembangan sektor pertanian dalam arti luas, khususnya pembangunan pertanian berbasis kawasan yang telah dilakukan di Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Seberang.

Hal ini diungkapkan Bupati Kukar Edi Damansyah, di sela-sela memberikan sambutan usai meninjau dan meresmikan Desa Tanjung Batu sebagai Desa Mandiri, Rabu (4/8/2021).

"Kenapa didalam kebijakan kami saat ini ada program hilirisasi pertanian, karena kita ingin menggeser bagaimana yang kita lakukan dibidang pertanian ini konsepnya adalah bagaimana kita menghadirkan industrialisasi di pertanian itu, sehingga kita memastikan apa yang dilakukan oleh para petani, komoditi yang ditanam itu kita sudah jelas memfasilitasi pasarnya," ungkapnya.

Sehingga kondisi yang terjadi saat ini lanjut Bupati Edi Damansyah, aktivitas para petani sangat besar ketergantungan kepada bantuan pemerintah Kabupaten Kukar, disisi lain yang dihasilkan oleh petani kita belum mampu memfasilitasi di pasarnya.

"Dari kondisi ini dalam kebijakan, pertanian berbasis kawasan itu hilirisasi pertanian salah satu bagaimana kita menghadirkan industrialisasi di bidang pertanian, salah satunya di Kecamatan Tenggarong Seberang ini menjadi kawasan yang memang unggul, karena kita akan melakukan revitalisasi RPU dengan beberapa kawasan yang sudah kita tetapkan," terangnya.

Ia mengaku, walaupun Kecamatan Tenggarong Seberang ini sisi lain tantangan kita juga tinggi, karena aktifitas eksploitasi sumber daya alam batu bara ini juga tinggi, dan ini menjadi tantangan kita dalam mengelola sektor pertanian.

"Sehingga, isu perusahaan tambang batu bara itu dengan istilah saya membawa kemudharatan kepada masyarakat di sekitar tambang, tapi kita buktikan bahwa Desa di sekitar tambang khususnya di Tenggarong Seberang itu bisa kita bangun dan bisa kita hijaukan kembali di sektor pertanian yang baik dengan konsep-konsep yang sudah kita tetapkan bersama," harapnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top