• Jum'at, 03 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Seno Aji saat menghadiri panen raya perdana jagung komposit Poktan Suka Makmur)

TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Meskipun saat ini masih ditengah pandemi COVID-19, namun demikian, semangat para petani dari Kelompok Tani (Poktan) Suka Makmur, Kelurahan Loa Ipuh Kecamatan Tenggarong, untuk tetap mempertahankan hidup terus ada dengan tetap menjaga ketahanan pangan dalam keluarga patut diapresiasi.

Salah satu yang dilakukan adalah panen raya perdana jagung Komposit, pengembangan benih atau bibit sumber hasil inovasi Balitbangtan, hasil kerjasama Komisi IV DPR RI dengan BPTP Kaltim, yang berlangsung di salah satu lokasi lahan pertanian jagung Poktan Suka Makmur Kelurahan Loa Ipuh Kecamatan Tenggarong Kukar, Selasa (3/8/2021).

Selain produktif, kegiatan ini juga menambah imun melawan virus corona yang masih ada di bumi etam ini. Wakil Ketua DPRD Kaltim, Ir. H. Seno Aji M.Si, turut hadir pada acara tersebut sebagai wujud peduli dan apresiasi terhadap petani-petani binaan.

Dengan tak kenal lelah, Seno Aji kembali turun ke rakyat untuk melihat langsung kehidupan masyarakat petani di Kutai Kartanegara.

"Memang pandemi ini merusak sendi-sendi ekonomi masyarakat, namun kita tidak boleh menyerah, keluarga kita harus tetap makan, tetap sehat, dan ekonomi kerakyatan harus bangkit, terlepas apapun yang dialami bangsa ini," ungkap Politisi Gerindra tersebut.

Seno Aji mengatakan, ada sekitar 9 hektare luasan lahan pertanian jagung di Kukar yang saat ini dikembangkan, hasil kerja sama antara kelompok tani kemudian bapak Budisatrio Djiwandono serta BPTP Kaltim, yang hasilnya cukup luar biasa, dimana kita mulai panen perdana jagung varietas Lamuru yang bisa digunakan sebagai bibit jagung nantinya kedepan.

"Ini adalah satu langkah yang cukup baik untuk masyarakat Kaltim dan Kukar khususnya, ditengah pandemi yang berkepanjangan ini para petani masih bisa menghasilkan sesuatu yang baik dan berguna. Kita berharap kerjasama ini jangan sampai disini tetapi kita juga ingin mengembangkan lagi budidaya jagung sebagai salah satu pusat pengembangan hortikultura, dan sesuai arahan Ketua Umum kami DPP Gerindra Prabowo Subianto menyampaikan agar masyarakat bisa diberdayakan untuk swasembada pangan untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan," terangnya.

Ia memastikan, kegiatan ini akan kami tindaklanjuti kerjasama kedepannya, apakah kita memperluas kebunnya sendiri atau kita menambah mesinnya, karena kita juga berharap tidak hanya sampai hulunya saja tetapi kita juga ingin ke hilirnya, dan ini kita akan lihat BPTP Kaltim sejauh mana kesiapannya dan apa yang bisa kita bantu dari Pemprov Kaltim, tentunya ini juga untuk kesejahteraan masyarakat Kaltim.

Mewakili Budisatrio Djiwandono, Seno menyatakan, bahwa kelompok ini adalah salah satu dari ribuan kelompok tani binaan Gerindra yang bisa survive dan berkembang.

"Bantuan-bantuan alat pertanian sangat banyak diberikan oleh Budisatrio Djiwandono, yang merupakan politisi Gerindra dan saat ini sebagai wakil ketua Komisi 4 DPR RI," tuturnya.

Legislator Karang Paci dari Dapil IV Kukar ini mengaku, sudah ribuan bantuan yang diberikan beliau ke petani dan nelayan di Kaltim ini dan Kukar pada khususnya. Bantuan alsintan ataupun bibit dan pupuk adalah bagian yang penting bagi petani dan nelayan untuk kelangsungan usaha mereka.

"Sesuai arahan Ketum DPP Gerindra Prabowo Subianto, bahwa setiap kader harus turun ke masyarakat dan membantu petani, nelayan, peternak dan UMKM untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan. Target kita adalah mewujudkan Kaltim ini swasembada pangan dan sebagai pusat lumbung pangan nasional," tambahnya.

Seno Aji yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Kaltim, adalah sosok penting dalam menentukan arah pembangunan Kalimantan Timur agar menjadi provinsi yang maju dan berdaulat, tentunya juga Kukar yang merupakan dapilnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top