• Kamis, 23 September 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Bupati Kukar Edi Damansyah saat meninjau persiapan Gedung PKM yang dijadikan Rumah Sakit Lapangan untuk pasien Covid-19)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Beberapa hari terakhir, angka kasus Covid-19 di Kutai Kartanegara menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pemerintah daerah terus menggenjot upaya pengendalian virus Corona melalui Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Bed occupancy rate (BOR) atau angka keterisian tempat tidur di rumah sakit di Kutai Kartanegara juga masih sangat tinggi.Tentu hal ini membuat rumah sakit terjadi penumpukan pasien. Untuk mengatasi permasalahan itu Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara berkolaborasi dengan Kodim 0906 dan Polres Kukar sedang menyiapkan rumah sakit lapangan di Gedung Putri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang.

Hal ini diungkapkan Bupati Kukar Edi Damansyah saat meninjau persiapan PKM menjadi rumah sakit lapangan, Senin (26/7/2021).

"Kita akan mengupayakan semaksimal mungkin agar masyarakat yang membutuhkan pertolongan bisa secepatnya mendapatkan perawatan," ungkapnya.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengaku, meskipun PKM belum siap 100 persen, tapi persiapannya terus terprogres.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara dr. Martina Yulianti mengatakan, bahwa PKM akan menjadi rumah sakit lapangan meskipun tidak seperti rumah sakit yang ada, tapi pada prinsipnya kita mengupayakan semaksimal mungkin agar masyarakat yang membutuhkan perawatan bisa tertolong, ketika terjadi penumpukan pasien di RSUD AM Parikesit.

"Di PKM akan kita siapkan juga tabung oksigen, kemudian infus, obat-obatan, dan tentunya kita juga siapkan petugas. Dan nanti kita juga akan merekrut dokter spesialis yang baru lulus untuk merawat saudara-saudara kita yang belum bisa masuk di rumah sakit jika penuh maka dirawat di sini terlebih dahulu," terang dr. Martina Yulianti yang juga menjabat Plt Dirut RSUD AM Parikesit.

Ia menambahkan, untuk tenaga kesehatan yang kita siapkan jika di PKM ini telah difungsikan kita memerlukan paling tidak sekitar 20 orang, selain itu kita juga akan merekrut bidan untuk menjadi relawan tenaga kesehatan.

"Untuk saat ini persiapan PKM menjadi rumah sakit lapangan sudah 50 persen lebih dan persiapannya bertahap, dan saat ini sudah kita siapkan bed sebanyak 50 unit dan bahkan bisa sampai 100," tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top