• Rabu, 08 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Anggota DPRD Kaltim Salehuddin,S.Sos,S.Fil)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Saat Reses di Kelurahan Panji Kecamatan Tenggarong beberapa waktu lalu, ada salah satu usulan masyarakat yang mendesak untuk membebaskan lahan warga untuk dibuatkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) baru.

Hal ini mengingat lahan pemakaman khususnya di Kelurahan Panji sudah penuh dan tidak lagi memungkinkan, dan ini mendapat perhatian serius dari anggota DPRD Kaltim Salehuddin S.Sos, S.Fil.

Politisi Golkar ini mengatakan, hal ini memang perlu dipikirkan bersama untuk mencari lokasi pemakaman baru di wilayah Kelurahan Panji Kecamatan Tenggarong. Karena sesuai fakta yang ada dilapangan memang di wilayah Kelurahan Panji saat ini lahan untuk pemakaman umum sudah over load.

Dan sebenarnya lanjut Saleh sapaan akrabnya, saat ini sudah ada lahan masyarakat yang bisa dijadikan lahan pemakaman baru, tetapi nilai permintaan pemilik lahan masyarakat tersebut untuk dibebaskan nilainya cukup besar hampir Rp 5 Miliar.

"Saya pikir ini perlu menjadi atensi kita bersama, baik saya sebagai anggota DPRD Kaltim maupun teman-teman yang ada di DPRD Kukar, termasuk juga Bappeda Kukar nantinya, karena nilai ganti rugi pemilik lahan masyarakat tersebut yang akan dijadikan lahan pemakaman baru cukup besar nilainya mencapai Rp 5 Miliar," ungkapnya.

Ia menambahkan, menanggapi hal ini ada metode untuk sementara mungkin bisa kita cicil terlebih dahulu, misalnya bertahap, karena memang kebutuhan lahan pemakaman umum baru di wilayah Kelurahan Panji cukup penting. Jika nantinya dialihkan ke Kelurahan lain di Tenggarong maka jaraknya juga cukup jauh dari wilayah aktifitas warga di Kelurahan Panji.

"Apalagi lahan pengganti untuk pemakaman yang penuh ini sudah ada, dan masyarakat pemilik lahan sudah bersedia dilepas untuk dijadikan lahan pemakaman baru, menurut saya ini tinggal proses negosiasi saja dari pemerintah daerah nantinya," paparnya.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Panji Nina Martini menuturkan, bahwa kebutuhan yang mendesak saat ini di Kelurahan Panji salah satunya pembebasan lahan untuk pemakaman baru, lokasi lahannya terletak di Jalan Rumbia.

"Semoga dengan adanya reses dari anggota DPRD Kaltim pak Salehuddin, aspirasi kita ini dapat terealisasi," harapnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top