• Jum'at, 27 Mei 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Walau masih dalam penerapan PPKM di wilayah Kutai Kartanegara tak menyurutkan jajaran Lapas Tenggarong untuk semarakkan Idul Adha tahun ini.

Kali ini Lapas Tenggarong mendapatkan hewan kurban sapi sebanyak 6 ekor dan kambing sebanyak 2 ekor. Hewan kurban tersebut merupakan sumbangan dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sebanyak 1 ekor dan sisanya berasal dari masyarakat.

"Seperti lebaran sebelumnya, Lapas Tenggarong tetap meniadakan layanan kunjungan secara langsung dan digantikan dengan layanan video call, mengingat masih dalam suasana pandemi covid terlebih diterapkannya PPKM di wilayah kutai kartanegara," kata Ahmad Harnadi Kasi Binapi Lapas Tenggarong, Selasa (20/7/2021).

Lebih lanjut Ahmad Harnadi menyampaikan, bahwa pemotongan hewan kurban akan dibagi dalam 3 tahap dan untuk pendistribusiannya akan disalurkan kepada warga sekitar Lapas serta beberapa pondok pesantren yang ada di Tenggarong, hal ini sejalan dengan semangat "Kumham Berbagi".

Agus Dwirijanto, Kalapas Tenggarong, menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak-pihak yang telah menyumbangkan hewan kurban di Lapas Tenggarong.

"Saya atas nama pribadi serta institusi mengucapkan banyak-banyak Terima kasih bagi seluruh pihak yang telah menyumbangkan hewan kurbannya ke lapas Tenggarong, semoga sumbangan tersebut menjadi amal jariyah," ujarnya

Untuk pelaksanaan sholat Ied sendiri di Lapas Tenggarong bersifat terbatas hanya di ikuti oleh seluruh warga binaan dan petugas serta tetap menjalankan protokol kesehatan, dimana yang bertindak sebagai imam sekaligus khotib yaitu Ust. Ahmad Zainuddin S. Pd.

Dalam khutbahnya, Ahmad Zainuddin menyampaikan, bahwa ada makna keikhlasan dan berserah diri seorang hamba kepada Tuhannya dimana Nabi Ibrahim AS, diminta untuk mengorbankan anaknya yakni Nabi Ismail AS yang kemudian digantikan dengan seekor domba.

Terlebih pada masa pandemi ini mari jadikan Idul Adha sebagai sarana penguat rasa sosial dan kepedulian terhadap sesama.

Disinggung tentang layanan selama Idul Adha, Agus Dwirijanto menyampaikan bahwa Lapas Tenggarong tetap membuka layanan penitipan barang secara drive thru guna mengurangi interaksi antara penitip dengan petugas.

"Untuk layanan selama Idul Adha kali ini, Lapas Tenggarong tetap membuka layanan penitipan barang berkonsep drive thru yang bertujuan mengurangi kontak antara penitip barang dengan petugas dan layanan ini dibagi dalam 2 shitf dengan melibatkan seluruh staf dan pejabat struktural," tuturnya.

Pada saat bersamaan, Jumadi Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kaltim turun langsung guna meninjau pelaksanaan layanan pemasyarakatan yang diberikan selama Idul Adha.

"Saya ingin melihat langsung kondisi lapas khusus layanan yang di berikan kepada warga binaan dan masyarakat selama idul adha ini sekaligus melihat kondisi keamanan di Lapas," ujarnya didampingi Didik Heru Sukoco Kabid Kamtib Divisi Pemasyarakatan.

Untuk diketahui, sehari sebelumnya Senin (19/7/2021) Lapas Tenggarong mengadakan kegiatan membagi takjil bagi warga binaan yang menjalani puasa sunnah Arafah. (One)

Pasang Iklan
Top