• Kamis, 23 September 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun)


SAMARINDA (KutaiRaya.com) - Kaltim memiliki potensi pertanian sangat luar biasa, karena banyak lahan yang bisa dioptimalkan, ditambah juga banyaknya jenis tanaman hortikultural.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun usai melihat potensi pertanian yang berada di Desa Tani Bhakti, Kecamatan Loa Janan Kutai Kartanegara, beberapa waktu lalu.

"Kelompok tani di Desa Tani Bhakti sangat kreatif, dijadikan bukan hanya pertanian tapi tempat wisata edukasi, dengan beberapa tenan-tenan disiapkan oleh petani yang sekaligus sebagai pemilik dan pengelola," ujar Muhammad Samsun belum lama ini.

Menurut Politisi PDIP ini, saat ini masih banyak yang beranggapan petani cenderung lebih dekat dengan kemiskinan dan lain sebagainya. Ini membuat dunia pertanian tidak menarik, padahal jika kita arahkan lebih tepat dengan maksimal, maka pasti akan termotivasi bahwa pertanian ini menarik untuk di tekuni.

"Hampir semua wilayah di Kaltim mempunyai potensi pertanian, tinggal peran pemerintah daerah untuk memberikan dukungan. Jika dikelola dengan baik, pasti petani kita sejahtera. Seperti kita lihat selama ini berbagai macam makanan masih di suplai dari luar daerah, padahal kita memiliki potensi lahan yang cukup luas, yang belum produktif," tuturnya.

Samsun sapaan akrabnya berharap, kepada semua pihak, baik pemerintah daerah maupun swasta dan juga stakeholder lainnya bisa terlibat aktif untuk mengembangkan sektor pertanian.

"Kalau kendala di lapangan, dari petani sebenarnya petani perlu di motivasi saja untuk memproduktifkan lahannya," tandasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top