• Jum'at, 03 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(RDP Komisi IV DPRD Kukar dengan pihak terkait membahas Realisasi Anggaran Covid-19 dan pelaksanaan PTM)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Dalam rangka evaluasi progres realisasi anggaran penanganan Covid-19 tahun 2021 dan persiapan sekolah Tatap Muka tahun ajaran baru, Komisi IV DPRD Kukar menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak terkait, di ruang Banmus DPRD kukar, Senin (14/6/2021).

RDP tersebut dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Kukar Baharuddin, didampingi anggota Komisi IV Saparuddin Pabonglean dan Abdul Wahab, dan Ketua Komisi II Hamdan, juga dihadiri Asisten I Setkab Kukar Ahmad Taufik Hidayat, Ketua IDI Kukar, perwakilan Dinkes Kukar, Dinsos Kukar, Disdikbud Kukar, Dinas PMD Kukar serta Polres Kukar.

Asisten I Setkab Kukar Ahmad Taufik Hidayat mengatakan, dalam kesempatan ini saya sampaikan beberapa OPD yang dialokasikan untuk anggaran penanganan Covid-19 di tahun 2021 yang mencapai Rp 39,9 miliar, seperti Dinkes Kukar, BPBD Kukar serta Satpol-PP, dan rata-rata yang sudah terealisasi dari anggaran tersebut antara diatas 20 persen sampai dibawah 33 persen.

"Sebagian besar anggaran ini dalam konteks penunjang sebenarnya, seperti insentif tenaga kesehatan dan honor, hal ini agar ada semangat kerja bagi mereka yang bertugas," ungkap Ahmad Taufik Hidayat.

Sedangkan terkait kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kukar, Ahmad Taufik mengaku, sesuai yang disampaikan Sekda Kukar beberapa waktu lalu, bahwa pemerintah daerah belum bisa melaksanakannya, karena kami juga menunggu kebijakan dari Pemprov Kaltim sekaligus melihat kondisi perkembangan kasus Covid-19 di Kukar.

"Meskipun sebagian besar di Kukar sudah zona hijau tetapi juga masih ada wilayah yang zona orange dan ini perlu kehati-hatian. Kemudian adanya SKB 4 Menteri yang menjadi pedoman kita untuk mempersiapkan PTM," terangnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kukar Baharuddin menyebutkan, bahwa terkait permasalahan progres realisasi anggaran penanganan Covid-19 tahun 2021 di Kukar, sudah dijelaskan secara detail dari Dinkes dan Pemkab Kukar, tahun ini sudah dianggarkan tetapi fokusnya saat ini juga bagaimana memberikan vaksin kepada masyarakat, sehingga kuota yang diamanahkan dari pusat bisa semuanya tercover.

"Karena hingga kini baru sekitar 42 persen sebaran vaksinasi di Kukar untuk tahap pertama dan kedua. Kami harap untuk vaksinasi tahap ketiga bisa dilakukan dan mencapai sasaran 100 persen," tuturnya.

Sedangkan terkait PTM di Kukar, politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, pihaknya sependapat dengan Pemkab Kukar untuk menunda.

"Meskipun belum bisa dilakukan, tetapi kami tetap berharap pada awal tahun ajaran baru ini bisa dilakukan PTM dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top