• Kamis, 23 September 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji)


SAMARINDA (KutaiRaya.com) - Ditunjuknya Kalimantan Timur menjadi Ibu Kota Negara (IKN) maka Kaltim harus segera berbenah dan mempersiapkan Sumber Daya Manusia untuk dapat bersaing ketika pembangunan sudah mulai dilakukan.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji, saat dihubungi KutaiRaya.com, Kamis (27/5/2021).

"Kaltim harus memetakan ulang sumber daya manusia untuk dapat bersaing ketika pembangunan IKN sudah mulai dilakukan," ucap Seno Aji.

Politisi Gerindra ini mengaku, dengan adanya pemetaan awal SDM akan memudahkan untuk membekali masyarakat, baik yang sudah siap kerja maupun yang belum siap kerja untuk diberi pelatihan sesuai dengan kemampuan atau pun peluang kerja.

"Setelah mereka mendapat pelatihan nantinya pasti diberikan sertifikat sebagai bukti, karena mereka merupakan tenaga kerja yang terampil," tuturnya.

Legislatif Karang Paci dari Dapil IV Kukar ini menambahkan, untuk tahap awal pembangunan IKN pastinya yang menjadi fokus utama dan membutuhkan tenaga kerja yang banyak pada bidang infrastruktur.

"Selanjutnya kita juga harus mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan IKN, seperti misalnya kesiapan sandang pangannya," sambungnya.

Ia berharap, semua potensi yang ada di Kaltim bisa dioptimalkan mulai dari tenaga kerja dan sumber dayanya agar bisa berperan dalam pembangunan IKN. Jangan sampai masyarakat kita terpinggirkan dan tidak ada perannya dalam membangun IKN.

"Intinya masyarakat kita jangan jadi penonton ketika IKN sudah berjalan," tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top