• Selasa, 07 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kendaraan Lowboy pengangkut excavator menimpa mobil Sirion dan menutupi ruas jalan poros jalur dua tepatnya di KM 3 Desa Teluk Dalam, Tenggarong Seberang)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Sebuah kendaraan Lowboy dengan nomor plat kendaraan B 9401 UIN pengangkut excavator terperosok menimpa mobil Sirion dan menutupi ruas jalan poros jalur dua, tepatnya di kilometer 3 Desa Teluk Dalam Kecamatan Tenggarong Seberang, Rabu (17/03/2021) siang.

Kasatlantas Polres Kukar AKP Creato Sonitehe Gulo mengatakan, untuk kronologis peristiwa tersebut, yakni kendaraan Lowboy yang bermuatan excavator tersebut dari Kukar mau menuju Samarinda, namun pada saat di tanjakan tepatnya di jalur dua kilometer 3 tidak mampu menanjak kemudian tiba-tiba mundur, pada saat mundur oleng dan excavatornya jatuh menimpa mobil sirion dari arah belakang.

"Jadi analisa awal kejadian karena over loading muatan, kemudian kita langsung melakukan evakuasi dibantu dari Dishub Kukar," ungkapnya.

Ia mengaku, dalam peristiwa ini ada sekitar 4 penumpang tidak ada korban jiwa, namun kerugian material.

"Kalau secara regulasi dalam peristiwa ini ada beberapa aturan yang dilanggar, pertama dalam ketentuan masalah angkutan alat berat seharusnya dikawal pihak kepolisian karena memiliki dimensi yang jauh lebih besar daripada kendaraan yang lain, kemudian masalah muatan nanti kita cek lagi berapa batas muatan dari Lowboy tersebut," jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, bila ada kendaraan bermuatan alat berat terutama pada posisi menanjak atau menurun tolong jangan berada diposisi terlalu dekat, lebih baik jaga jarak minimal 5 sampai 10 meter, jadi jika terjadi sesuatu bisa cepat mundur atau cepat menghindar.

"Kemudian untuk pelaku usaha, harapan kita dari kepolisian agar selalu memperhatikan keselamatan pengguna jalan lain, jangan memaksakan apabila kendaraan tidak dapat memuat kendaraan yang besar," harapnya. (One)

Pasang Iklan
Top