• Kamis, 26 Mei 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Suasana kegiatan Ngapeh Hambat yang dilaksanakan Pemkab Kukar)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Sektor pertanian dalam arti luas yang juga merupakan sektor andalan Kukar menjadi sektor prioritas pada Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Kukar yakni Kukar Idaman yang akan masuk dalam RPJMD Kukar.

Hal ini diungkapkan Bupati Kukar Edi Damansyah, usai melakukan rapat koordinasi dengan seluruh OPD, Hingga Kacamatan, Kelurahan dan Desa secara virtual pada kegiatan Ngapeh Hambat Pemkab Kukar mewujudkan Kukar Idaman, di ruang serba guna kantor Bupati Kukar, Rabu (03/03).

"Tadi sudah dipaparkan statistiknya pada sektor pertanian dalam arti luas, selain itu yang diprioritaskan lainnya yakni pengembangan sumber daya manusia pada pendidikan dan kesehatan, kemudian infrastruktur," ungkap Edi Damansyah.

Ia mengaku, pada tahapan dari proses visi dan misi yang akan dimasukkan kedalam RPJMD Kukar kedepan ini kita juga evaluasi, dan ada beberapa perubahan kita akan perbaiki karena ada kelemahan yang lalu juga kita perbaiki.

"Misalkan ada beberapa yang dikerjakan tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat kedepan kita perbaiki, makanya kedepan basis data harus betul-betul akurat, jadi tidak boleh lagi nanti bekerja tidak berdasarkan data yang ada," terangnya.

Ia menambahkan, untuk APBD Kukar ditopang oleh DBH yang saat ini selalu menurun karena belum ada sumber-sumber baru yang ditemukan, maka kita persiapkan RPJMD Kukar kedepan banyak prioritas nasional yang kita integrasikan di daerah kita menyesuaikan, sehingga nanti ada sinergisitas dari sisi pembiayaan, ada dari APBD maupun APBN.

"Kita juga akan optimalkan potensi-potensi pendapatan daerah kita dalam pengelolaannya, kemudian kita juga bersinergi dengan program tanggung jawab sosial perusahaan, makanya jangan sampai nanti kedepan pola pikir kepala Dinas dan jajaran hanya dari kekuatan APBD saja," sambungnya.

Untuk itu lanjutnya, didalam penyusunan RPJMD Kukar renstranya saya mintakan ada blue print setiap bidang tinggal kita koordinasikan, jadi juga ada sharing pembiayaan.

"Pertemuan ini diharapkan bisa mempercepat penyusunan RPJMD Kukar sehingga program program yang menjadi Visi Misi Daerah bisa segera dirasakan oleh masyarakat," tandasnya. (One)

Pasang Iklan
Top