• Jum'at, 27 Mei 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Pangdam Mayjen TNI Heri Wiranto)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto memastikan, Amborawang Samboja menjadi lokasi Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II yang telah ditetapkan di Balikpapan Kaltim.

Hal ini diungkapkannya disela-sela kunjungan kembali ke Desa Tanjung Batu Tenggarong Seberang, Rabu (16/12) kemarin.

"Untuk pembangunan Satuan di Kodam VI Mulawarman ini bagian dari rencana strategis TNI, dimana saat ini TNI sekarang membentuk Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) dan Kogabwilhan II di wilayah tengah berada di Balikpapan, dan tempat yang paling memungkinkan untuk dibangun Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan yakni di Amborawang Samboja, " ujar Mayjen TNI Heri Wiranto.

Ia mengatakan, saat ini proses pembangunan Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan di Amborawang Samboja sudah dimulai dan progres pengerjaan bangunannya sudah mencapai 40%.

"Saya harap tahun depan target pembangunan markas tersebut bisa selesai, dan di bulan Juli tahun depan sudah clear semua, dan karena saat ini Makonya masih dalam tahap pengerjaan, maka Mako sementara berada di Dodikjur Manggar Balikpapan, " terangnya.

Ia menambahkan, tugas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) ini menghadapi kemungkinan tugas-tugas operasi dan membawahi Kodam-Kodam, Kogabwilhan ini juga akan membuat koordinasi lebih mudah saat ada konflik, dan reaksinya pun lebih cepat. (one)

Pasang Iklan
Top