• Jum'at, 03 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Bimtek Kurikulum SMP yang dilakukan Dinas Pendidikan Kukar)


TENGGARONG, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Bimtek (Bimbingan Teknis) Fasilitasi Kurikulum SMP, di Hotel Aston Samarinda, pada Sabtu (28/12/2020)

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Seksi Kurikulum dan pengembangan Mutu Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, .untuk mempersiapkan adanya program Kementerian Pendidikan pada 2021 yakni program Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Plt Kepala Disdikbud Kukar Iksanudin Noor melalui Kepala Bidang (Kabid) SMP Hajerin mengatakan, AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar untuk mengembangkan pikiran atau nalar siswa,

"Program tersebut sangat positif, karena siswa di minta untuk berpikir atau menganalisa suatu soal nantinya," Kata Hajerin, Rabu (2/12/2020) diruang kerjanya.

Ia menambahkan, AKM ini di rancang untuk mengukur hasil belajar atau litetasi, survei lingkungan belajar dan survei karakter siswa.

AKM sendiri akan dilaksanakan pada Maret 2021, soal yang di ujikan kepada siswa dalam program tersebut berbeda dengan soal UN sebelumnya, dimana AKM itu yang di ujikan tidak hanya pilihan ganda, namun ada esainya atau isian singkat.

"Jadi jika di UN yang di ukur adalah capaian kompetensi kurikulum berdasarkan penguasaan materi, sedangkan AKM yang di ukur adalah kompetensinya siswa pada literasi, numerasi, karakter siswa, karekter lingkungan," Ungkap Hajerin. (mad/ADV Diskominfo)

Pasang Iklan
Top