• Rabu, 08 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Rekson Simanjuntak)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Camat Marang Kayu Rekson Simanjuntak mengaku, wilayah pesisir di Kecamatan Marang Kayu mulai dari Desa Semangkok, Kersik hingga Santan Ilir potensi garam cukup besar.

"Bahkan, baru-baru ini masyarakat setempat sudah mulai ujicoba memproduksi garam dan sudah bisa dikonsumsi masyarakat, dan ini juga sudah dinilai oleh ahli dari penghasil garam terbesar di Jawa barat, " ujarnya.

Rekson mengatakan, melihat potensi ini pihaknya pasti mendukung dengan membuka akses jalan dalam, dan kita arahkan yang mengelola potensi garam ini dari BUMDes, jika dikelola untuk tiga Desa yang memiliki potensi garam tersebut BUMDes ini akan menjadi BUMDes bersama.

"Dan jika potensi ini dikelola BUMDes maka perlu pendaftaran merk dagang kemudian ijin mendapatkan sertifikasi halal dari MUI sampai ijin produksi massal, "terangnya.

Ia menambahkan, jika semua ini dapat terealisasi maka tidak menutup kemungkinan potensi garam dapat menambah pemasukan PAD bagi Desa.

"Kami terus mengupayakan potensi ini dan mendorong pemerintah Desa agar potensi ini bisa berjalan dan dapat menambah pemasukan PAD bagi Desa, " harapnya. (One/ADV Diskominfo)

Pasang Iklan
Top