• Jum'at, 03 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Taman Gubang)


TENGGARONG,(KutaiRaya.com) Taman Gubang merupakan obyek wisata yang melestarikan kearifan lokal yakni "Begubang". Dimana begubang itu yaitu menaiki perahu.

Ahmadi selaku pengelola Taman Gubang mengatakan, di Desa Loa Ulung Kecamatan Tenggarong Seberang-Kutai Kartanegara, terdapat potensi yang bisa di kembangkan sebagai tempat pariwisata, dimana obyek wisata tersebut tentu ada nilai ekonominya baik itu untuk pengelolanya maupun masyarakat sekitar, maka dari itu di bangun obyek wisata Taman Gubang, wisata tersebut di bangun sejak Mei 2020 dan di resmikan Juni 2020.

"Jadi awal mulanya itu dari perencanaan yang sudah cukup lama sekitar 2012 silam, tentunya dengan konsep konsep yang matang," Kata Ahmadi, Minggu (29/11/2020)

Tambah dia, obyek wisata Taman Gubang menggunakan danau eks tambang, dan danau eks tambang terkenal dengan sisi negatifnya, di lihat dari potensi yang ada saat ini maka danau tersebut di kelola dengan baik hingga menciptakan nilai positif bukan hanya di lihat dari sisi negatifnya. Dimana pengunjung bisa menikmati nuansa alam yang indah di kelilingi oleh pepohonan yang rimbun untuk di jadikan spot spot foto.

"Terdapat fasilitas atau wahana yang ada di Taman Gubang ini yaitu tempat santai, gubang halus, gubang besar, dan sepeda apung, untuk harga penyewaan sangat bervariasi ada yang Rp. 30 ribu hingga Rp. 100 ribu"katanya.

Lanjut Ahmadi, rencananya akan di bangun spot pemancingan, home stay, serta cafe, supaya pengunjung bisa lebih relax atau menikmati waktu bersantainya.

"Harapan kami kedepan wisata tersebut tidak hanya di kenal di Kukar saja, melainkan di kenal hingga luar daerah atau luar pulau, jadi pengunjung semakin banyak berdatangan," katanya.

Sementara itu Umar pengunjung Taman Gubang mengatakan, Taman Gubang itu sangat cocok di jadikan tempat bersantai bersama keluarga maupun kerabat, dimana pemandangannya Taman Gubang tersebut sangat indah, bersih, dan nyaman.

"Saya dan kawan kawan memilih tempat wisata ini, karena wisata tersebut belum ada di wilayah Samarinda, saya mengetahui wisata gubang itu dari teman yang telah memvideokan melalui drone, maka dari itu saya penasaran dan langsung melakukan survei, dan akhirnya kami memilih tempat untuk bersantai ya di taman gubang ini,"Ucap Umar. (mad/ADV Diskominfo)

Pasang Iklan
Top