• Jum'at, 03 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Pengukuhan pengurus Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Kukar)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Pemkab Kukar sangat mengapresiasi Kapolres Kukar yang telah membentuk Kelompok Sadar Kamtibmas Bhayangkara Kukar, karena pengurus Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Kukar ini juga sebagai penggerak masyarakat yang peduli dan sadar terhadap terciptanya keamanan dan ketertiban di Kukar.

Hal ini diungkapkan Asisten I Setkab Kukar Ahmad Taufik Hidayat, saat memberikan sambutan Plt Bupati Kukar dan arahan, pada acara pengukuhan dan pelantikan pengurus Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Kukar, di pendopo Odah Etam, Jum'at (27/11) pagi.

"Terciptanya kondisi keamanan dan ketertiban di dalam lingkungan masyarakat suatu wilayah telah kita ketahui bersama merupakan salah satu dari modal dasar pembangunan, sebab tanpa terciptanya keamanan dan ketertiban di suatu wilayah maka proses pembangunan akan mengalami kendala yang dapat mengancam dan mengganggu pelaksanaan atau jalannya aktivitas pembangunan yang diharapkan berjalan lancar, " ungkapnya.

Ia mengatakan, Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Kukar ini juga diharapkan dalam kiprahnya mampu mengajak seluruh komponen masyarakat di daerah untuk bersama-sama secara sadar, patuh dan taat serta peduli untuk membangun dan menciptakan keamanan dan ketertiban di daerah.

Sementara itu, Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting menuturkan, anggota Pokdar Kamtibmas dalam usahanya untuk menjadi pelopor senantiasa dilaksanakan dengan berbagai upaya dan kegiatan yang terencana serta sistematis dalam menyiapkan, membentuk dan membina masyarakat peduli lingkungan sesuai dengan cakupan batas tugas dan batas kewenangan yang telah diatur dan ditetapkan oleh kepolisian.

"Dengan tujuan utamanya untuk membantu tugas kepolisian dalam memelihara Kamtibmas dengan pendekatan pre-emtif, preventif dan solutif, dengan demikian anggota Pokdar Kamtibmas dapat melakukan tindak penyuluhan dan pencegahan gangguan Kamtibmas tentunya dengan batasan-batasan tertentu, dan juga dapat dilibatkan dalam pengamanan menjelang hari-hari besar maupun kegiatan nasional, " terangnya.

Ia menambahkan, karena kedepan kita juga menghadapi gelaran Pilkada Kukar dan tentu ada dinamika dalam kontestasi Pilkada berpotensi menimbulkan kerawanan, jika tidak kita selesaikan sedini mungkin tentunya akan menjadi gangguan Kamtibmas yang dapat menimbulkan keresahan dan kenyamanan di tengah-tengah masyarakat.

Terpisah, Ketua Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Kukar periode 2020 - 2023 H. Rakhmadi, S.Sos mengaku, sebentar lagi Kukar akan dilaksanakan pesta demokrasi, dengan dilantiknya kami maka kami siap bersinergi dari segala instansi terkait sebagai mitra dalam menjaga Kamtibmas.

"Saya juga berpesan kepada pengurus agar jangan disalah gunakan atribut dan lambang yang kita miliki untuk kepentingan pribadi maupun golongan, seluruh kegiatan harus diketahui pimpinan Pengurus, jika ada yang menyalah gunakan akan kami berikan sanksi kepada pengurus sesuai peraturan yang berlaku, " pungkasnya.
(One/ADV Diskominfo)

Pasang Iklan
Top