• Selasa, 27 Juli 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Selain wisata durian, Kelurahan Loa Ipuh darat akan Buka Wisata Penangkaran Rusa)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Selain akan memiliki destinasi wisata Bukit Durian, Kelurahan Loa Ipuh Darat juga akan merencanakan objek wisata penangkaran rusa dan Arboretum Busang sebagai objek wisata pemanfaatan eks tambang PT. MHU.

Lurah Loa Ipuh Darat AR Ambo Dalle mengatakan, untuk penangkaran rusa yang akan kita kembangkan sebenarnya milik PT. MHU, rencananya jika masa ijin operasi perusahaan tersebut telah habis pada tahun 2022 mendatang, maka penangkaran ini akan diserahkan kepada masyarakat dalam hal ini kepada Badan Usaha Ekonomi Kelurahan (BUEKEL) Kelurahan Loa Ipuh Darat.

"Karena penangkaran rusa ini prospek untuk objek wisata yang akan kita kembangkan kedepan cukup menjanjikan, " ungkapnya.

Ia menuturkan, lokasi penangkaran rusa ini berada di jalan poros Tenggarong-Kota Bangun di km 19 RT 4 dan memiliki 9 ekor rusa dan masih dikelola manajemen PT. MHU.

Sedangkan untuk wisata Arboretum Busang lanjutnya, merupakan objek wisata pemanfaatan eks tambang PT. MHU juga akan kita kembangkan, bahkan beberapa waktu lalu kami telah melakukan penjajakan peninjauan penangkaran rusa dan Arboretum Busang sebagai Objek wisata pemanfaatan eks tambang PT.MHU.

"Di Arboretum Busang ini merupakan taman yang di dalamnya lengkap, ada flora dan faunanya, kemudian terdapat jenis-jenis kayu ulin dan lainnya, " tambahnya.

Ia berharap, rencana dua lokasi objek wisata yang direncanakan ini dapat terwujud, sehingga ekonomi masyarakat setempat juga kembali menggeliat dan dapat menjadi sumber pemasukan bagi BUEKEL. (One/ADV Diskominfo)

Pasang Iklan Disini
Top