• Jum'at, 03 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Dsa Wisma Pucuk Desa Batuah Loa Janan)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kreatifitas dan inovasi ibu-ibu dari Dasa Wisma Pucuk yang terletak di RT 29 Desa Batuah Kecamatan Loa Janan Kukar patut diacungi jempol.

Bagaimana tidak, para ibu-ibu ini dibantu suaminya memanfaatkan lahan gunung seluas 1.100 meter menjadi kebun ketahanan pangan dan tempat edukasi, bahkan lokasi ini akan dijadikan tempat wisata.

Ketua Dasa Wisma Pucuk Andriana Putri mengatakan, saat ini kami menjalankan salah satu program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) terkait ketahanan pangan. Sebab, ketahanan pangan bisa memenuhi kebutuhan sehari hari.

"Selain itu aneka jenis tanaman ditempat ini juga ada tempat permainan anak dan spot untuk berswa foto, " ujarnya.

Ia mengaku, berbagai jenis tumbuhan yang ditanam di antaranya toga, jahe, jagung, ragam sayur-mayur dan kebutuhan pangan lainnya. Tidak hanya itu, hasil panen tersebut juga dijadikan produk olahan yang bernilai jual.

"Kami memiliki sebanyak 19 orang anggota terlibat dalam penggerakan dasa wisma tersebut. Dia mengaku dari hasil panen tersebut mampu untuk mencukupi kebutuhan dapur sehari-hari. Seperti hasil panen kangkung, dengan luas bedeng enam meter, menghasilkan 40 ikat yang dijual Rp 3 ribu per ikatnya, "jelasnya.

Ia menambahkan, di tempat ini juga didekorasi sebagai tempat agrowisata dengan kreativitas para penggerak. Mereka memanfaatkan sampah rumah tangga untuk dijadikan spot-spot untuk berswafoto yang berbentuk kapal terbang serta gazebo untuk beristirahat.

"Kedepan ditempat ini bukan hanya kebun ketahanan pangan dan tempat edukasi saja, tetapi akan kita kembangkan sebagai salah satu destinasi wisata, "harapnya. (One/ADV Diskominfo)

Pasang Iklan
Top