• Selasa, 07 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(S Eko Budi)


TENGGARONG,(KutaiRaya.com) Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kukar menyatakan bahwa untuk Upah Minimum Kabupaten pada 2021 tetap, yakni sebesar Rp. 3.179.063,-.

Kepala Distransnaker Kukar Hamly melalui Kepala Bidang (Kabid) Satker (Satuan Kerja) PHI (Pengadilan Hubungan Industrial) Syukur Eko Budi Santoso mengatakan, setelah mendapatkan surat edaran dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kaltim.

Surat edaran tersebut terkait dengan pengupahan umum Provinsi pada 2021 dan berkairan dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) telah melakukan rapat daerah, dan juga memperhatikan surat edaran Kemenaker untuk tidak menaikan UMK pada 2021.

"Maka kami sepakat dewan pengupahan mengusulkan UMK 2021 tidak naik dalam arti tetap, kemudian setelah di proses, kami mengajukan kepada plt Bupati untuk rekomendasi terkait dengan UMK 2021, dan rekomendasi tersebut telah di tanda tangani, dan telah di sampaikan ke Provinsi untuk penetapan Gubernur. Jadi UMK 2021 sama dengan UMK 2020 yaitu, Rp. 3.179.063,"paparnya.

"Menurut inflasinya UMK di Kukar turun, namun kami tetap mengupayakan agar UMK tersebut tetap, dan saat ini SK dari Gunernur belum keluar, dan kami perkirakan secepatnya dalam pekan ini,"tandasnya.

Tambah dia, ada beberapa UMK 2021 naik untuk wilayah Kaltim yaitu, Penajam Paser Utara (PPU), dan Kubar yang mengalami selisih kenaiklan sedikit atau naik pembulatan. (mad/ADV Diskominfo)

Pasang Iklan
Top