• Selasa, 27 Juli 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(pelatihan pendampingan forum peduli anak berkebutuhan khusus)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Forum Peduli Anak Berkebutuhan Khusus yang bersumber daya masyarakat mengharapkan peran masyarakat memberdayakan forum tersebut dalam pemenuhan hak anak khususnya anak-anak disabilitas di Kukar.

Hal ini diungkapkan Kasi Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kukar Titik Maisaroh, di sela-sela pelatihan pendampingan forum peduli anak berkebutuhan khusus yang diikuti 28 peserta, di hotel grand elty, Senin (23/11) siang.

"Dalam kegiatan pelatihan ini diisi pembekalan oleh Dinas Pendidikan Kaltim bidang pendidikan layanan khusus, kemudian dari Dinas Kesehatan Kukar terkait tumbuh kembang anak, " ungkapnya.

Ia mengaku, pihaknya sebenarnya telah membentuk Forum Peduli Anak Berkebutuhan Khusus yang merupakan program kami sejak 2015 dan diharapkan kedepan setiap kecamatan di Kukar memiliki forum tersebut.

"Dan saat ini sudah 6 Kecamatan yang terdaftar memiliki forum ini, dan tahun ini kita targetkan penambahan Forum tersebut di 3 Kecamatan, dan kedepan bisa terbentuk di semua Kecamatan di Kukar, " harapnya.

Ia menambahkan, saat ini 6 Kecamatan yang sudah memiliki Forum Peduli Anak Berkebutuhan Khusus, yakni Kecamatan Tenggarong, Muara Jawa, Anggana, Tabang, Sebulu, dan Muara Kaman.

"Untuk merawat seorang anak berkebutuhan khusus memang terbilang susah-susah gampang. Untuk itu, seorang ABK perlu mendapatkan penanganan dan perhatian khusus sebagai upaya menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya. Tujuannya tidak lain agar hidup anak-anak tersebut bisa tumbuh berkembang secara optimal sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, " pungkasnya. (One/ADV Diskominfo)

Pasang Iklan Disini
Top