• Selasa, 07 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Sutikno)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar Sutikno memastikan, petani Kukar kini memasuki panen padi dengan luas lahan panen sekitar 18.000 hektare sawah diwilayah Kukar dengan rata-rata produksi gabah 3 sampai 4 ton.

"Untuk padi tahun ini sebetulnya kita panen raya dan sangat bagus padi kita kurang lebih di 18.000 hektare, dan kalau kita ambil rata-rata produksi gabah sekitar 3 sampai 4 ton sudah lumayan, makanya kita kalau disebut swasembada beras ini bukan omong kosong tetapi real dilapangan, " ungkap Sutikno belum lama ini.

Sutikno menuturkan, untuk produksi padi di Kukar meskipun saat ini masih dalam masa pandemi covid-19 tetap stabil, dan ini tergantung kondisi iklim, kalau tahun ini produksi padi di Kukar termasuk baik kemudian serangan hama juga kurang.

Sutikno mengatakan, tahun ini petani kita baru dua kali musim tanam dan panen padi, namun kita ingin kedepan setahun bisa tiga kali musim tanam dan panen.

"Tentu hal ini juga harus ada solusinya salah satunya dengan memperbaiki infrastrukturnya, terutama jaringan irigasi dan membuat embung, kemudian yang tidak kalah penting harus didukung Alsintan yang modern, "harapnya.

"Alhamdulillah tahun ini daerah Tenggarong Seberang di Desa Bukit Pariaman dengan luas hamparan sawah mencapai 800 hektare membuat embung seluas 5 hektare yang dikerjakan Dinas PU Kukar, kemudian juga di Desa Cipari Makmur di Muara Kaman dibuat embung, sedangkan untuk alsintan kita telah membagi hand traktor kurang lebih 15 unit dan sebelumnya juga kita bagikan hand sprayer dan kapur, " tutupnya.
(one/adv)

Pasang Iklan
Top