• Jum'at, 03 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Abdul Rasyid)


TENGGARONG (kutairaya.com) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang lahir pada 5 Oktober 1945 ini awalnya merupakan organisasi yang bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR). Pada tanggal tersebut BKR berganti nama menjadi Tentara Keamanan Rakyat lalu diubah lagi menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Setelah itu, Presiden pertama Soekarno pada 3 Juni 1947 mengesahkan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara resmi. Pengesahan itu dilakukan untuk mempersatukan TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat.

Namun perayaan HUT TNI ke 75 tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, HUT TNI tahun ini diselenggarakan upacara secara virtual di kediaman istana kepresidenan. Hal ini dilakukan karena adanya wabah pandemi Covid-19.

Di Kodim 0906 Tenggarong, HUT TNI ke 75 dilaksanakan dengan sederhana yakni upacara secara virtual dengan unsur Forkopimda Kukar dan dihadiri Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Mohammad Arifin dilanjutkan dengan acara syukuran.

Dalam kesempatan ini Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid juga mengucapkan selamat HUT TNI ke 75, saya berharap dengan bertambahnya usia TNI ini lebih profesional lagi dan selalu bersinergi dengan instansi di daerah khususnya Kukar, selain dalam hal pengamanan juga membantu penanganan covid-19.

"Sesuai dengan slogan HUT TNI ke 75 Sinergi Untuk Negeri, maka saya harap prajurit TNI lebih bisa bersinergi lagi sehingga keamanan dan ketertiban Bangsa Indonesia ini bisa terjamin lagi dan bisa mengamankan negara kita, " ungkap politisi Golkar tersebut.

Saat disinggung peran TNI dalam membantu pemerintah daerah dalam pencegahan dan penanganan covid-19 di Kukar, Abdul Rasyid mengaku peran TNI sangat penting dalam penanganan covid-19, bahkan Dandim 0906 Tenggarong Letkol Inf Charles Alling di amanatkan sebagai koordinator utama kegiatan pendisiplinan protokol kesehatan covid-19 di Kukar.

"Keterlibatan prajurit TNI sangat penting dalam penanganan covid-19, karena sebagaimana yang disampaikan Presiden RI saat upacara peringatan HUT TNI ke 75 tadi, bahwa salah satu tugas dari TNI itu tidak hanya menjaga keamanan saja tetapi dari sisi sosialnya juga bagaimana terlibat dalam kegiatan sosial, bencana, sampai masalah penanganan covid-19 ini, " pungkasnya. (One/adv)

Pasang Iklan
Top