• Sabtu, 31 Juli 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Proses penyaluran bantuan sosial tunai mulai dilakukan di Kukar)




TENGGARONG - Sebanyak 2.890 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kukar mulai menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos melalui Kantor Pos Tenggarong, yang ditandai penyerahan simbolis Bupati Kukar Edi Damansyah kepada perwakilan KPM di Kantor Pos Tenggarong Senin (11/5) pagi.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, penerima BST ini merupakan diluar program PKH, BLT, dana desa dan bantuan pangan pokok warga terdampak pandemi dari Pemkab Kukar yang telah terdata.

"Saya mengucapkan terima kasih jajaran Kantor Pos Tenggarong yang mulai mendistribusikan BST dan berharap kepada warga penerima bantuan ini agar dimanfaatkan dengan baik dan mengurangi beban di situasi pandemi saat ini, " ungkapnya.

Sementara itu untuk mekanisme penyaluran BST di tengah pandemi covid-19, Kepala Kantor Pos Tenggarong Wahyu widodo menjelaskan, pihaknya akan membatasi jumlah penerima setiap hari hanya 20 orang dengan jadwal yang sudah dibuat sesuai SDM di Kantor Pos Tenggarong.

"Untuk proses penyaluran BST akan kami lakukan setiap hari sampai selesai sesuai data yang ada dan perintah bayar dari Kantor Pos Pusat, " ucapnya.

Wahyu Widodo menambahkan, untuk data warga penerima BST yang diusulkan daerah Kukar berdasarkan by name by addres sebanyak 8.214 keluarga yang tersebar di 18 Kecamatan, namun hingga saat ini data yang sudah masuk di Kemensos RI yang disalurkan lewat Kantor Pos Tenggarong berjumlah 2.150.

"Dari 2.150 KPM terdiri dari Kecamatan Kenohan 246, Muara Kaman 503, Marang Kayu 201, Muara Badak 366, Sebulu 184, Tenggarong 92, Muara Jawa 4 dan Samboja 610, "jelasnya.

Dari data 2.150 lanjut Wahyu Widodo, masih ada sekitar 6.064 KPM yang belum tervalidasi di pusat sehingga data belum muncul pada Kemensos, dan kami saat ini fokus pada pembayaran dengan data yang sudah berhasil diunduh dari aplikasi pembayaran dana bansos.

"Dan sampai saat ini masih terus kami lakukan proses penarikan data dari pusat, " tutupnya. (one)

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara
Top