7 Desember 2015 Uji Penggunaan Jembatan Kukar

7 Desember 2015 Uji Penggunaan Jembatan Kukar

Jembatan akan dibuka secara umum pada 7 Desember 2015 mendatangJembatan akan dibuka secara umum pada 7 Desember 2015 mendatang
Photo: ist


KutaiRaya.com - 01/12/2015 22:08 WITA
Setelah sukses dilakukan uji beban Jembatan Kutai Kartanegara pada Senin (30/11) lalu, yang langsung diawasi oleh Tim Ahli dan Keselamatan Jembatan, selanjutnya dijadwalkan pada 7 Desember 2015 mendatang akan dilakukan uji penggunaan untuk masyarakat umum.

Kabag Humas Setkab Kukar Dafid Haryanto, mengungkapkan, bahwa uji beban berlangsung sesuai harapan, dan hasil rekom tim ahli Jembatan Kukar layak untuk difungsikan.

"Pada Senin 7 Desember dilakukan uji penggunaan Jembatan.Rencananya setelah apel pagi seluruh pegawai di Kukar akan melakukan uji pemakaian dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat melintas jembatan arah ke Tenggarong Seberang dan kembali ke Tenggarong,"kata Dafid Haryanto, (1/12) diruang kerjanya.

Beberapa item rekom dari tim ahli-keselamatan Jembatan Kukar, menurut Dafid Haryanto, diataranya adalah tidak diperkenankan pengendara baikk pengendara roda dua dan empat berhenti ditengah jalan di Jembatan tersebut, tidak boleh ada pejalan kaki diatas jembatan.

"Hasil rapat pemerintah Kukar, Dishub dan Satpol diminta untuk melakukan patrol saat mulai uji pemakaian. Kemudian dibuatkan pos penjagaan dari sisi Tenggarong dan Tenggarong Seberang," ungkap Dafid.

Kemudian pelepasan hanger, akan dilakukan proses buka tutup jembatan Kukar, hasil rekom tim ahli selanjutnya nantinya akan disampaikan ke Kementeria PU (Pekerjaan Umum) untuk mendapatkan sertifikat kelayakan jembatan.

"Dipastikan peresmian Jembatan itu sendiri dilakukan pada awal Januari 2016," katanya.

KONTRAK DIHENTIKAN
Setelah berfungsinya Jembatan Kutai Kartanegara nantinya, maka dipastikan Pemerintah Kutai Kartanegara akan melakukan penghentikan terhadap kontrak kapal fery Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP).

Sebab dalam kontrak pada penggunaan kapal fery ASDP tersebut bisa stop manakala Jembatan Kukar sudah selesai dan difungsikan, meski belum habis masa kontrak.

"Sesuai dengan kontrak kerjasama antara Pemkab Kukar dengan PT ASDP, pelayanan operasional kapal feri ASDP itu sampai dengan beroperasinya jembatan yang sudah selesai dibangun," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar, Marsidik. (boy)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved